Publik Penasaran Sejarah Arema FC Mendunia Dengan Klub Singo Edan: Usai Insiden Kanjuruhan Malang

Jesslyn Oktaviani Sudirjo
Usai insiden Kanjuruhan beberapa hari lalu, publik penasaran dengan sejarah Arema FC (Foto: Avirista Midaada)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Usai insiden Kanjuruhan Malang beberapa hari lalu, sejarah terbentuknya Arema gencar di cari masyarakat. Peristiwa ini terjadi pada Sabtu (1/10/2022) menyebabkan banyak korban jiwa yang meninggal. 

Perlu diketahui, Arema FC adalah klub sepakbola yang berasa dari Malang Jawa Timur. Klub ini biasa disebut Singo Edan yang didirikan pada 11 Agustus 1987. Klub ini memiliki presiden yaitu Gilang Widya Pramana dan memiliki simbol singa dan memiliki seragam warna biru. 

Melansir dari berbagai sumber pada Senin (3/10/2022), berikut sejarah terbentuknya Arema.

Sejarah Arema FC

Arema FC berdiri pada 11 Agustus 1987, pada saat itu Acub Zaenal mantan gubernur Irian Jaya ketiga memiliki ide untuk membuat klub di Malang. Sebelum membentuk Arema FC Acub Zaenal dan mantan pengurus PSSI lainnya bekerja sama dengan almarhum Dirk Sutrisno untuk membangun Klub Perkesa 78. 

Dirk Sutrisno memiliki peran penting dalam berdirinya Arema FC. Dahulu nama klub Arema FC dinamakan Aremada sebelum berganti menjadi Arema. Dirk mempertahankan klub tersebut ia mengalami banyak hambatan dan tantangan ini dimulai dari kesulitan dana. 

Sejak saat itu Acub Zaenal yang menyelamatkan Arema, ia mengambil alih klub tersebut dan mengganti nama menjadi Arema Indonesia yang kemudian ditetapkan sebagai klub peserta Galatama. Arema didirikan pada bulan agustus karena mereka mengikuti simbol dan kepercayaan zodiak yaitu Leo. 

Nama Arema sendiri diambil dari Kidung Harsawijaya legenda Malang, yang bercerita tentang Patih Kebo Arema di jaman Singosari yang diperintah Raja Kertanegara memiliki prestasi yang gemilang

 Itulah sejarah terbentuknya Arema. Nantikan Informasi lainnya hanya di celebrities.id.

 

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network