Lima Siswa MAN 2 Kota Malang Terpilih sebagai Delegasi Summer/Winter Program di China dan Australia

Edi Purwanto
Siswa MAN 2 Kota Malang terpilih mengikuti kegiatan Summer/Winter di Luar Negeri. Foto:Kemenag

KOTA MALANG, iNewsMalang.id — Lima peserta didik dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang meraih prestasi gemilang dengan terpilihnya mereka sebagai peserta Summer/Winter Program di lima Universitas di China dan Australia. Keberhasilan ini didukung oleh Beasiswa Indonesia Maju (BIM) untuk Program Persiapan S1 Luar Negeri, di mana mereka tergabung dalam Angkatan IV.

Kelima siswa tersebut adalah Rizqi Achmad Fahrezi yang akan mengikuti program di Chinese University of Hong Kong, China (12 - 26 Juli 2024), Ahmad Haizun Tafdhila di Fudan University, Shanghai, China (24 Juni - 7 Juli 2024), Naistra Fathan Wirdiyan, Ahmad Ayman Al Ghifary, dan Salwa Dilara Nandra Husada di University of Sydney, Australia (23 Juni - 6 Juli 2024).

Samsudin, Kepala MAN 2 Kota Malang, menyampaikan rasa syukurnya atas prestasi internasional yang diraih oleh anak didiknya. Dia memberikan pesan kepada mereka untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya untuk mengejar ilmu secara mendalam di perguruan tinggi ternama dunia.

"Alhamdulillah kelima anak-anak kami berhasil menjadi delegasi Indonesia pada Summer/Winter Youth Program di lima Universitas di China dan Australia. Prestasi ini menjadi bukti MAN 2 Kota Malang telah mengukir prestasi internasional dengan program MADU MANJA," ucap Samsudin dilansir laman Kemenag, Senin (13/5/2024).

MADU MANJA, singkatan dari MAN Dua Menjelajah Dunia, adalah program unggulan dari MAN 2 Kota Malang. Program ini dirancang untuk memberikan akses kepada siswa untuk mendapatkan beragam kesempatan beasiswa ke luar negeri, baik melalui pertukaran pelajaran maupun program lainnya.

"Harapannya, semoga kesempatan ini menjadi langkah awal kesuksesan anak-anak dalam menempuh pendidikan lanjutan di perguruan tinggi terkemuka," ujar Samsudin.

Summer/Winter Program diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Program BIM. Program ini berlangsung selama dua minggu, dari 24 Juni hingga 7 Juli 2024.

"Program internasional BIM ini menyasar sembilan Universitas ternama dunia dan diikuti oleh peserta didik terbaik dari seluruh Indonesia," jelas Samsudin.

Ia berharap prestasi kelima siswa ini dapat menjadi contoh dan inspirasi bagi siswa lain di MAN 2 Kota Malang. "Semoga melalui program-program inovatif yang dihasilkan, melalui Program Insan Pro, akan lahir prestasi luar biasa lainnya," tambahnya.

BIM terdiri dari program beasiswa bergelar (degree) dan beasiswa non-gelar (non-degree). Program Persiapan S1 Luar Negeri ditujukan untuk mempersiapkan siswa berprestasi pada jenjang pendidikan menengah untuk melanjutkan pendidikan S1 di luar negeri.

"Kelima siswa MAN 2 Kota Malang yang mendapat BIM Program Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 4 sudah pasti akan melanjutkan pendidikan S1 di Perguruan Tinggi Luar Negeri pada Tahun Akademik 2025/2026," pungkasnya.

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network