Sumpah Pemuda, Siswa MAN 1 Kota Malang ajak Pedagang Pasar Ikrar Sumpah Pemuda

Deni Irwansyah
Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Siswa MAN 1 Kota Malang ajak Pedagang Pasar Oro-oro Dowo Ikrar Sumpah Pemuda.

MALANG, iNewsMalang.id - Cara unik dilakukan Siswa MAN 1 Kota Malang dalam Memperingati Hari Sumpah Pemuda, yaitu dengan menggelar Upacara Ikrar Sumpah Pemuda, bersama pedagang Pasar Oro-oro Dowo, Kota Malang.

 

Momen peringatan Hari Sumpah Pemuda setiap 28 November tidak mau di sia-siakan siswa MAN 1 Kota Malang, hanya menjadi momen seremonial biasa. Mereka memilih memperingatinya dengan  berkunjung ke Pasar Oro-oro Dowo Kota Malang, akhir pekan kemarin.

 

Tidak hanya berkunjung, Siswa MAN 1 yang datang menggunakan beragam busana adat dan membawa bendera merah putih ini, mengajak pedagang pasar untuk berkolaborasi memperingati Hari Sumpah Pemuda.

 

Bersama-sama pedagang, Siswa yang juga didampingi kepala sekolah dan sejumlah guru, serentak membacakan Ikrar Sumpah Pemuda di tengah-tengah pasar. Meskipun di pasar, Ikrar Sumpah Pemuda tetap terdengar lantang, gegap gempita.

 

 

 

Menurut Kepala Sekolah MAN 1 Kota Malang, Drs H Sutirjo, ide Ikrar Sumpah Pemuda bersama pedagang pasar ini, diutarakan siswa beberapa hari yang lalu. Selain memperingati, mereka menginginkan kegiatan yang lebih berkesan dari momen penting perjuangan bangsa ini.

 

"Ini adalah hal positif yang dilakukan siswa, dengan sinergi dan kolaborasi bersama pedagang pasar Oro – oro Dowo, memperingati Hari Sumpah Pemuda, tentunya kami sangat mendukung,” terang Sutirjo

 

Dengan datang dan melihat langsung suasana pasar, diharapkan membuat siswa semakin tahu keadaan di masyarakat.

 

Tidak hanya ber-Ikrar Sumpah Pemuda, kegiatan juga dilanjutkan para siswa dengan bekerja sama membantu membersihkan toilet dan mushola pasar. Siswa juga mencoba membantu berjualan di beberapa lapak pedagang, seperti lapak ikan, kedai kopi dan warung nasi bakar.

 

 

 

 

"Dimulai bersinergi dengan pasar, membentuk wujud nyata pengabdian anak-anak mencoba berjualan dan membersihkan pasar memperingati Hari Sumpah Pemuda," tambah Sutirjo.

 

Generasi muda adalah generasi emas yang diharapkan peka terhadap kondisi di masyarakat, dan ringan tangan membantu dengan melakukan yang bisa mereka lakukan.

 

Menurut Iwan, salah seorang pedagang, mereka sangat antusias dan terbuka dengan kegiatan kolaborasi ini. Terlebih lagi, kegiatan ini membuat siswa mau datang ke pasar, yang mungkin tidak biasa dilakukan.

 

"Dengan senasng hati, kami sangat terbuka, apresiasi bagi adik-adik MAN 1 Kota Malang. Ini juga bisa menjadi ajang promo pasar, melalui cerita dan postingan mereka di media sosial tentang Hari Sumpah Pemuda di pasar," ujar Iwan.

 

Nah, ini cerita unik cara Memperingati Hari Sumpah Pemuda ala MAN 1 Kota Malang, bagaimana dengan sekolahmu ?.

Editor : Deni Irwansyah

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network