Janda Terbanyak di 5 Negara, Salah Satunya Indonesia lho!

Bertold Ananda
Efek perceraian membuat kaum janda meningkat di seluruh dunia (Foto: Ilustrasi Pixabay)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Pernikahan tidak selalu berakhir dengan kebahagiaan. Banyak ditemukan kehidupan rumah tangga yang berakhir dengan perceraian, meninggal, mau pun ditinggal oleh pasangannya.

Efek dari perceraian yang disebabkan oleh keretakan rumah tangga seiring berjalannya waktu membuat kaum janda menjadi meningkat di seluruh dunia. Berdasarkan data yang dilansir dari The Loomba Foundation, setidaknya ada 258 juta janda yang tersebar di seluruh dunia.

Ironisnya, satu dari sepuluh janda tersebut terperangkap dalam masalah kemiskinan. Lalu, negara mana saja yang memiliki jumlah janda terbanyak di dunia?

Simak ulasan berikut ini sebab celebrities.id telah merangkum negara dengan jumlah janda terbanyak dari berbagai sumber, Rabu (25/5/2022)

Negara dengan Jumlah Janda Terbanyak

1. India

Negara pertama dengan populasi janda terbanyak diraih oleh India. Menurut data The Loomba Foundation, pada 2010 negara India menduduki peringkat kedua dengan total janda mencapai 42,4 juta jiwa.

Pada 2010, negara ini menduduki peringkat kedua dengan jumlah janda mencapai 42,4 juta jiwa. Lalu selang lima tahun penelitian tersebut dilanjutkan dengan melakukan observasi ulang dan hasilnya mencengangkan. Data 2015 memaparkan bahwa India mengalami lonjakan populasi janda menjadi 46,4 juta.

2. China                  

Negara dengan jumlah janda terbanyak selanjutnya adalah China. Menurut data statistik dari The Loomba Foundation, negara dengan penduduk terpadat di dunia ini menempati urutan kedua dengan 44,5 juta janda.

3. Amerika Serikat

Tidak selamanya negara maju merasa aman ketika berhadapan dengan kasus keretakan rumah tangga yang memicu perceraian. Amerika Serikat juga menduduki angka populasi janda yang tidak sedikit. Menurut data dari total 134,2 juta pernikahan di Amerika Serikat, sebanyak 12,8 juta diantaranya diduduki populasi janda pada tahun 2015 silam.

4. Rusia

Rusia ternyata tidak hanya terkenal akan populasi wanita yang lebih banyak ketimbang laki-lakinya. Untuk kasus perceraian, negara beruang merah tersebut juga banyak memiliki populasi janda yang terbilang banyak loh. Rusia menduduki urutan keempat dengan jumlah janda terbanyak yang tercatat sampai 11,6 juta jiwa.

5. Indonesia 

Ternyata Indonesia termasuk negara dengan jumlah janda terbanyak. Di tahun 2015, jumlah janda di Indonesia mencapai 9,5 juta jiwa pada tahun 2015. Meski begitu, jumlah ini masih terbilang kecil jika dibandingkan jumlah perempuan menikah yang mencapai 103,8 juta. Angka ini tidak memiliki selisih cukup jauh jika dibandingkan dengan hasil survei tahun 2010, di mana Indonesia menduduki peringkat keempat dengan total janda 9,4 juta jiwa.

iNews Malang

 

 

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network