119 Pendaki Telah Berangkat dari Batu ke Gunung Arjuno guna Kibarkan Puluhan Bendera di Puncak Besuk

Avirista Midaada
.
Selasa, 16 Agustus 2022 | 21:38 WIB
Ratusan pendaki telah berangkat ke gunung Arjuno untuyk kibarkan bendera merah putih, besuk (Foto: Istimewa)

MALANG, iNewsMalang.id - Upacara peringatan Kemerdekaan Indonesia ke-77 digelar oleh Ratusan pendaki di Puncak Gunung Arjuno, Rabu (17/8/2022). Upacara tersebut digelar saat detik-detik proklamasi pada pukul 10.00 WIB di ketinggian 3.339 Mdpl.

Ahmad Wahyudi  selaku Kepala Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo, menyatakan sebanyak 119 pendaki telah berangkat pada Selasa siang ini dari kawasan Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, menuju puncak Gunung Arjuno.

"Besok akan digelar upacara peringatan kemerdekaan di Puncak Gunung Arjuno. Ada sebanyak 119 orang pendaki yang diberangkatkan dari Sumber Brantas," kata Ahmad Wahyudi, saat dikonfirmasi wartawan pada Selasa sore (16/8/2022).

Wahyudi menambahkan, rencananya tim akan bermalam di Lapangan Kotak, Gunung Arjuno dan akan melanjutkan perjalanan pada 17 Agustus 2022 kurang lebih pukul 05.00 WIB. "Semua diberangkatkan satu jalur melalui Sumber Brantas. Malam ini akan istirahat di Lapangan Kotak dan besok pukul 05.00 WIB akan menuju puncak," ujarnya.

Para pendaki ini tergabung dalam Tim Ekspedisi 77 Jawa Timur terdiri atas para relawan Tahura Raden Soerjo, perwakilan Pramuka Saka Wanabakti, sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, mahasiswa daru Universitas Negeri Surabaya dan Perempuan Pendaki.

Selain itu, masyarakat umum juga diperbolehkan mengikuti agenda tersebut. "Ada sekitar tujuh komponen yang turut serta dalam kegiatan ini," katanya.

Tak hanya itu, Tim Ekspedisi 77 nantinya juga bakal mengibarkan 77 bendera merah putih di puncak Gunung Arjuno setinggi 3.339 Mdpl. Upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di puncak Gunung Arjuno tersebut merupakan yang pertama kali digelar setelah pandemi penyakit akibat penyebaran virus Corona. Pada tahun lalu, tidak ada kegiatan upacara di puncak Gunung Arjuno. "Iya, tahun kemarin tidak ada.

Kegiatan ekspedisi ini baru tahun inii dan merupakan tahun pertama ada upacara di puncak Arjuno setelah adanya Covid-19," ujarnya. Selain melakukan upacara dan pengibaran 77 bendera merah putih di puncak Gunung Arjuno, Tim Ekspedisi 77 Jawa Timur juga melakukan penanaman 77 pohon cemara gunung di kawasan Sumber Brantas.

iNews Malang
 

Editor : Arif Handono
Bagikan Artikel Ini