get app
inews
Aa Read Next : Deteksi Penyakit Makin Cepat Akurat, RS Premier Surabaya Miliki CT Scan 512 Slices Pertama di Jatim

Ngeri…Teknologi Ini Bikin Orang Meninggal Bisa Ngobrol Sama Pelayat, Bisa Dicoba

Rabu, 24 Agustus 2022 | 11:53 WIB
header img
Teknologi ini Bikin Orang Meninggal Bisa Ngobrol Sama Pelayat

TEKNOLOGI ini bikin orang meninggal bisa ngobrol sama pelayat menarik untuk diulas. Kemampuan ini sebenarnya memang terdengar menyeramkan, namun ini sepenuhnya menggunakan kecerdasan buatan (AI)

Teknologi yang membuat orang meninggal bisa ngobrol dengan pelayat ini berawal, dari ide seorang pria bernama Stephen Smith. Ia membuat teknologi canggih yang memungkinkan almarhum sang ibu dapat berbicara dengan para pelayat selama proses pemakaman

Sekadar diketahui, Ibunda Smith meninggal pada Juni 2022 lalu dan pemakamannya diadakan di Nottinghamshire, Inggris. Untuk membuat kecerdasan ini berjalan lancar, sang ibu harus menjalani sejumlah rangkaian proses tes agar teknologi bernama StoryFile bisa dijalankan.

Dilansir IFL Science, StoryFile merupakan bot percakapan AI yang menggunakan 20 kamera dan rekaman subjek berbeda untuk membuat tiruan holografik digital yang dapat berinteraksi dengan siapapun. Agar berjalan dengan lancar, kemampuan ini didukung oleh AI sehingga memungkinkan pelayat yang bertanya dapat dijawab oleh Ibu Smith

Untuk melakukan tersebut, subjek diwawancarai dan ditanyai banyak pertanyaan tentang kehidupan mereka (selama hidup, tentu saja). Kumpulan informasi tersebut kemudian dimasukkan ke dalam StoryFile, yang memilih rekaman yang sesuai untuk diputar sebagai jawaban atas pertanyaan yang diajukan di pemakaman.

AI tidak menjawab pertanyaan yang sebenarnya, melainkan hanya mengidentifikasi isyarat yang diberikan oleh audiens dan memilih jawaban yang sesuai. Meski demikian, Smith mengakui saat ini dirinya tidak berharap membuat klon digital penuh, karena manusia dianggap terlalu kompleks.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut