get app
inews
Aa Read Next : Tujuh Perusak Kantor Arema FC Akhirnya Bebas, Disambut Flare dan Ratusan Supporter

Fakta Jelang Tanding Arema FC VS Persija, Mulai Aturan Petugas hingga Perilaku Lautan Manusia

Senin, 29 Agustus 2022 | 11:44 WIB
header img
Lautan manusia memadati area Stadiun Kanjuruhan, Kepanjen Malang jelang tanding Arema FC vs Persija, kemaren (28/8/2022) (Foto: MNC Portal)

MALANG, iNewsMalang.id - Lautan manusia pendukung kesebelasan Arema Malang (Aremania) dan Persija Jakarta (Jakmania) memadati Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang.

Para suporter ini sudah berdatangan sejak Minggu siang (28/8/2022) di Stadion Kanjuruhan. Suporter Jakmania yang bertandang ke Malang bahkan ada telah datang sejak Sabtu  (27/8/2022). Mereka tiba dengan menggunakan ratusan bus dari Jakarta dan sekitarnya.

Di sepanjang hari Minggu (28/8/2022) sejak pagi hingga sore hari, ratusan bus-bus yang membawa pendukung Persija telah bergerak ke selatan menuju Kota Kepanjen, tempat pertandingan digelar.

Tak hanya menggunakan bus saja, banyak Jakmania juga menggunakan mobil, pickap bak terbuka, hingga sepeda motor.  Sesampainya di sekitar Stadion Kanjuruhan, suasana kian semarak, sejumlah jalan protokol utama Kepanjen mulai Jalan Panji hingga Jalan Trunojoyo, Kedungpedaringan, macet parah.

Kepolisian sendiri memberlakukan arus lalu lintas searah. Di Jalan Trunojoyo misalnya, kendaraan yang dari arah timur atau Gondanglegi diarahkan menuju Jalan Raden Prayitno.

Sementara dari arah Jalan Raya Penarukan dialihkan belok kanan. Sedangkan kendaraan dari Kecamatan Kepanjen atau simpang tiga PLN yang akan menuju Gondanglegi dialihkan menuju jalur alternatif di selatan Perempatan Yon Zipur. 

Selain pengamanan ketat di area menuju stadion, di halaman stadion kepolisian dan petugas keamanan gabungan juga memberlakukan pengamanan ketat. Petugas memberikan pagar sejak memasuki pintu masuk stadion. Tujuannya dari pagar ini agar dapat memisahkan kedua tim, terutama bagi suporter Persija yang berada di sektor satu dan dua.

Pintu stadion yang baru dibuka pukul 16.00 WIB, tak membuat ribuan suporter kedua tim menunda perjalanan ke Stadion Kanjuruhan. Terlihat sejak pukul 17.00 WIB, puluhan ribu suporter berangsur-angsur memasuki stadion melalui pintu masuk.

Padahal pertandingan sendiri baru berlangsung pukul 20.30 WIB. Petugas gabungan memeriksa satu persatu suporter yang memasuki area stadion. Fokus petugas selain flare, beberapa botol air mineral dan benda berbahaya lainnya juga tak luput diperiksa.

Petugas juga meminta suporter mengangkat tangannya untuk menunjukkan tiket sudah terpasang di lengan masing-masing. Diki Hermansyah seorang Jakmania dari Kalideres mengungkapkan, telah tiba di Malang sejak Minggu pagi.

Ia berangkat dari Jakarta pada Sabtu sore dengan menggunakan bus bersama rombongan. "Sudah lama hampir dua tahun lebih tidak merasakan away day ke Malang. Sebagai Jakmania tentu kita kangen merasakan atmosfer di sini. Apalagi kita punya hubungan baik dengan Aremania," kata pria berusia 28 tahun ini.

Sebagai informasi, Arema FC vs Persija Jakarta sendiri bakal berlangsung pada Minggu malam (28/8/2022) pukul 20.30 WIB, yang berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Kepanjen, Kabupaten Malang.

iNews Malang
 


 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut