Logo Network
Network

Raih Gelar S1 Kedokteran UB Usia 18 Tahun, Sejak SMP Sudah Masuk Program Akselerasi di Tangerang

Avirista Midaada
.
Minggu, 18 September 2022 | 10:09 WIB
Raih Gelar S1 Kedokteran UB Usia 18 Tahun, Sejak SMP Sudah Masuk Program Akselerasi di Tangerang
Gadis 18 tahun ini sudah raih gelar S1 Kedokteran UB Malang. Sejak SMP sudah masuk program ekslarasi di Tangerang (Foto: MPI)

MALANG, iNewsMalang.id - Mahasiswi berusia remaja mampu meraih prestasi luar biasa, dialah  Calista Felicia Ghaydagili. Di usia 18 tahun, gadis asal Tangerang ini sukses meraih gelar S1 Jurusan Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (UB) Malang dengan IPK 3,64. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Calista memulai jenjang pendidikan pada usia 4 tahun di Sekolah Dasar. Lulus dari SD, Calista masuk ke program akselerasi di SMPN 3 Tangerang Selatan dan di SMAN 2 Tangerang Selatan. 

Dari sekolah tersebut, Calista mampu menyelesaikan pendidikan selama dua tahun dan masuk jurusan kedokteran pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) di usia 14 tahun.

Menjadi wisudawan di jurusan yang tergolong sulit ternyata Calista mempunyai trik tersendiri. Dimana ia mengaku bukan tipe mahasiswa yang memaksakan diri. Baginya kunci agar yang didapatnya bisa maksimal dia akan belajar di waktu yang menurutnya efektif.

"Jadi saya bukan tipe yang memaksakan diri untuk belajar. Saya hanya memanfaatkan waktu yang efektif untuk belajar, misalkan saya belajar di pukul 03.00 dan kalau sudah lelah tidak akan saya lanjutkan. Kalau saya paksakan malah hanya lewat-lewat saja apa yang saya pelajari," ungkap Calista saat ditemui wartawan pada Sabtu siang.  

Calista sapaan akrabnya, menyatakan, ingin mengabadikan dirinya ke depan setelah lulus Koas dengan menjadi dokter umum dan mengabdi di daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T) atau perbatasan. Pasalnya tenaga kesehatan di daerah tersebut masih terbilang sedikit.

"Mayoritas dokter banyak yang berada di Pulau Jawa atau daerah asalnya. Saya ingin sekali mengabdi di perbatasan dan menolong warga," kata anak ketiga dari empat bersaudara ini.

Keinginannya ini diharapkan bisa disetujui oleh kedua orang tuanya. Ke depan nanti kalau sudah lulus dia ingin mengambil spesialis anak karena suatu saat dia akan menjadi seorang ibu.
 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.