Wah Jelang Liburan Akhir Tahun, Perlu Cek Destinasi Domestik yang Keren! Berikut 10 Rekomendasinya

Laras Dwi Sasmita
.
Minggu, 04 Desember 2022 | 05:27 WIB
Jelang libur akhir tahun, perlu cek destinasi domestik yang keren. Berikut 10 rekomendasinya (Foto: Youtube/@jejakwisata)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Momen saat liburan akhir tahun bersama keluarga atau pun teman pun bisa semakin mengesankan. Berikut Rekomendasi destinasi liburan akhir tahun banyak dicari belangan ini.

Jelang akhir tahun, pasti banyak dari Anda yang sudah mempersiapkan diri untuk berlibur. Baik di luar negeri maupun dalam negeri banyak destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan untuk menikmati liburan akhir tahun.

Melansir berbagai sumber, Jumat (3/12/2022), berikut 10 rekomendasi destinasi liburan akhir tahun yang menarik untuk dikunjungi.

Rekomendasi Destinasi Liburan Akhir Tahun

1. Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Rekomendasi Destinasi Liburan Akhir Tahun, ada Danau Biru hingga Negeri Dongeng. (Foto:celebrities.id/Instagram @waerebo.official)

Rekomendasi Destinasi Liburan Akhir Tahun, ada Danau Biru hingga Negeri Dongeng. (Foto:celebrities.id/Instagram @waerebo.official)

Destinasi wisata liburan akhir tahun pertama yang dapat dikunjungi ada Desa Wae Rebo. Terletak di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur desai ini kerap kali disebut "Negeri di Atas Awan dari Timur Indonesia".

Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam di sekitar Wae Rebo sangat asri memiliki udara yang begitu sejuk dan segar serta setiap pagi dan sore akan diselimuti kabut. Ketika disana Anda akan sapat menginal di rumah khas daerah yang dikhususkan untuk tamu berbentuk kerucut yang disebut Mbaru Niang.

Tiket masuk tanpa menginap dibanderol Rp200 ribu dan penginapan di desa adat Rp325 ribu perorang. Untuk menuju Desa Wae Rebo dari Labuan Bajo dapat menyewa motor ataupun mobil dengan rute perjalanan yang ditempuh dari Labuan Bajo–Ruteng–Denge memakan waktu sekitar 5–11 jam bergantung pada jenis transportasi dan rute yang dipilih.

2. Goa Liang Tapah, Tabalong

Goa Liang Tapah di Tabalong cocok untuk Anda yang gemar wisata petualangan. Ini merupakan salah satu wisata alam yang termasuk geosite di wilayah Geopark Meratus di Provinsi Kalimantan Selatan.

Para pengunjung akan disuguhkan pemandangan indah hamparan batuan stalagmit dan stalaktit, pegunungan Meratus, serta Telaga Bidadari. Goa Liang Tapah berlokasi sekitar tiga kilometer dari jalan utama Trans Kalimantan Tanjung-Koaro cukup mudah dijangkau dengan kendaraan roda dua dan roda empat. Goa Liang Tapah memiliki jam operasional dari jam 08.00 WIB - 17.00 WIB dan harga tiket masuk sebesar Rp10 ribu.

3. Negeri Dongeng di Biak Numfor, Papua

Selanjutnya ada destinasi wisata Negeri Dongeng di Kabupaten Biak Numfor yang terletak di timur Indonesia yang akan memberikan pengalaman liburan akhir tahun suasana bak di film-film fiksi. Lokasidestinasi ini terletak di Kampung Padwa, Distrik Yendidori, Kabupaten Biak Numfor, Papua.

Destinasi ini biasa juga dikenal dengan Negeri Dongeng Barupi Padwa Sup, yang menyuguhkan pemandangan alam dan hutan yang masih asri. Nikmati keindahan Telaga Biru Samares di Distrik Biak Timur dengan airnya yang jernih dan berwarna biru kehijauan. Harga tiket masuk ke wisata Negeri Dongeng Biak di Papua Rp20 ribu.

4. Kawah Putih Tinggi Raja, Simalungun

Kawah Putih Tinggi Raja yang terletak di Dolok Marawa, Silau Kahean, Kabupaten Simalungun dapat menjadi destinasi liburan akhir tahun yang wajib untuk dikunjungi. Destinasi wisata ini menawarkan kombinasi indah antara bukit kapur berwarna putih dengan danau berwarna biru kehijauan.

Air danaunya berasal dari sumber mata air panas yang ada di sekitar bukit tersebut. Seluruh area wisata di Kawah Putih Tinggi Raja gratis. Hanya saja para wisatawan harus mengeluarkan uang sebesar Rp5 ribu untuk biaya parkir.

5. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Rekomendasi Destinasi Liburan Akhir Tahun, ada Danau Biru hingga Negeri Dongeng. (Foto:celebrities.id/Instagram @pulaumerah_official)

Rekomendasi Destinasi Liburan Akhir Tahun, ada Danau Biru hingga Negeri Dongeng. (Foto:celebrities.id/Instagram @pulaumerah_official)

Didekat Bali, Anda bisa mendatangi Banyuwangi untuk melihat destinasi wisata yang mengesankan. Salah satunya adalah Pantai Pulau Merah yang memiliki pemandangan laut lepas yang cantik dan memesona yang memiliki daya tarik ketika panorama matahari terbenam berwarna merah.

Pulau Merah sendiri memiliki lanskap tanah berwarna merah bata dan terletak sekitar 50–100 meter dekat bibir pantai. Untuk menuju Pantai Pulau Merah, Anda harus menempuh perjalanan darat sekitar 67 kilometer atau 90 menit dari Kota Banyuwangi.

Harga tiket masuk Pantai Pulau Merah cukup ramah di kantong, yakni mulai dari Rp10 ribu per orang. Selain tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan harus membayar parkir, yaitu Rp2 ribu untuk kendaraan roda dua, Rp5 ribu untuk roda empat, dan Rp10 ribu untuk roda enam.

6. Bukit Tanarara, Sumba Timur

Bukit Tanarara dijamin akan membuat para pencinta travel terkesima dengan hamparan savana yang sangat luas dan indah. Bahkan bukit tersebut bisa berubah warna sesuai perubahan musim. Lokasinya yang tidak begitu ramai, sangat cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri dengan pengalaman yang sangat berbeda. Jarak bukit ini dari Kabupaten Sumba Timur sekitar 19 kilometer.

Menariknya kawasan ini adalah tidak adanya harga tiket masuk. Sehingga, Anda bisa menikmati kawasan ini sepuasnya. Tambah menarik lagi, tidak ada jasa parkir yang akan di tarik di tempat ini.

7. Desa Pinggan, Kintamani

Kemudian destinasi liburan akhir pekan yang dapat kunjungi adalah Desa Pinggan. Tempat wisata ini akan menawarkan spot terbaik untuk menikmati suasana Bali dari sudut pandang berbeda.

Letaknya yang berada di ketinggian menghadirkan pemandangan desa berkabut dengan latar pegunungan yang memesona dan area persawahan yang begitu asri. Pinggan Kintamani, masuk dalam ketegori aktivitas wisata gratis di Bali, karena anda tidak akan membayar biaya tiket masuk desa Pinggan

Bagi Anda penggemar fotografi dan ingin berburu matahari terbit, Desa Pinggan menyajikan pemandangan matahari terbit terbaik. Datanglah sekitar pukul 05.30 WITA, karena biasanya fenomena terbitnya matahari indah ini muncul mulai pukul 06.00 WITA.

8. Pantai Pasir Putih, Bolaang Mongondow

Selnjutnya ada pantai anti mainstream pantai pasir putih di Bolaang Mongdow. Punya pesona pantai yang indah, tempat wisata ini terletak di Desa Pasir Putih, Kecamatan Sangtombolang, Kabupaten Bolaang Mongondow.

 Ketika berkunjung kesana, mata Anda akan dimanjakan dengan pemandangan Pulau Tiga Maelang dengan suasana pantai pasir yang bersih dan air laut yang jernih kebiruan. Selain pemandangan indah, Anda juga bisa melakukan snorkeling. Untuk biaya masuk ke tempat wisata ini, pengunjung cukup mengeluarkan uang sebesar Rp4 ribu per orang.

9. Danau Biru, Majalengka

Youtube

Rekomendasi Destinasi Liburan Akhir Tahun, ada Danau Biru hingga Negeri Dongeng. (Foto: celebrities.id/YouTube @jejakwisata

Liburan akhir tahun juga dapat dinikmati dengan mengunjungi destinasi wisata di Majalengka. Bagi penikmat fotografi Majalengka memiliki kenamaan blue lagoon bernama Telaga Nila. Anda akan mendapati pengalaman baru liburan dengan ditemani pemandangan indah dari air danau berwarna biru kehijauan. Tak hanya itu Anda juga isa snorkeling dan melihat lebih dekat ikan warna-warni di telaga

Melengkapi pengalaman wisata air, Majalengka juga memiliki pilihan kegiatan seperti spot river tubing atau arung jeram. Untuk memasuki wisata ini, Anda hanya perlu membayat harga tiket masuk Rp5 ribu per orang.

10. Masjid 99 Kubah, Makassar

Rekomendasi Destinasi Liburan Akhir Tahun, ada Danau Biru hingga Negeri Dongeng. (Foto:celebrities.id/Instagram @masjid99kubah)

Rekomendasi Destinasi Liburan Akhir Tahun, ada Danau Biru hingga Negeri Dongeng. (Foto:celebrities.id/Instagram @masjid99kubah)

Makassar memang menyimpan sejuta pesona yang pastinya membuat siapapun terkagum kagum, salah satunya ada Masjid 99 Kubah. Masjid ini dikenal dengan nama Masjid 99 Kubah yang memang merupakan jumlah kubah pada masjid ini.

99 diambil dari Asmaul Husna yang merupakan nama nama Allah dan berhasil menjadikan masjid ini memiliki arsitektur megah dan cantik di saat yang bersamaan. Masuk 30 masjid unik di Dunia, ini dapat menjadi wisata religi pilihan bagi para umat beragam muslim.

Menariknya ide masjid dengan 99 kubah ini datang langsung dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga merupakan seorang desiner. Selain itu tidak ada harga tiket masuk yang dikenakan untuk datang ke masjid ini, namun kamu tetap bisa membawa uang tunai untuk bersedekah.

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini