Atasi Motor Terendam Banjir, Simak Tips Berikut agar Tidak Panik

Muhamad Fadli Ramadan
.
Sabtu, 21 Januari 2023 | 21:06 WIB
Ada beberapa tips saat motor terendam banjir (Foto: celebrities.id)

JAKARTA, iNewsMalang.id  – Pemilik sepeda motor biasanya panik apabila kendaraannya terendam banjir. Mengingat curah hujan di Indonesia belakangan ini cukup tinggi dan beberapa wilayah mulai tergenang banjir hingga merendam kendaraan. Berikut tips mengatasinya.

Sepeda motor yang terendam banjir memang terkadang membuat pemiliknya panik karena khawatir kendaraannya tidak akan bisa dinyalakan kembali. Padahal, ada cara mudah untuk mengatasi motor yang terendam banjir.

Dalam kondisi banjir, pengguna motor pun wajib memahami apa yang harus dilakukan ketika motor terkena banjir. Main Dealer Yamaha PT. Thamrin Brothers (Sumatra Selatan – Bengkulu) memberikan beberapa tips saat motor terkena banjir, Sabtu (21/1/2023):

1. Jangan menghidupkan mesin

 Apabila motor terendam banjir, disarankan untuk tidak langsung menghidupkan mesin dengan cara di electric starter maupun kick starter (engkol). 

Ini akan menyebabkan piston pecah atau stang piston bengkok akibat water hammer karena air yang masuk ke ruang bakar, air tersebut bisa masuk melalui lubang udara atau knalpot motor.

2. Cari tempat yang lebih tinggi atau kering

Tujuan mencari tempat yang tinggi atau kering agar Anda dapat melakukan pengecekan pada motor. Sambil menunggu motor kering, Anda bisa melakukan pelepasan komponen yang telah dilalui air, seperti saringan udara, knalpot, dan busi. Namun, dibutuhkan beberapa alat dan ketelitian.

 

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini