get app
inews
Aa Read Next : Guncangan Gempa M4,9 Jember Terkini, Kedalaman Capai 10 Km

Kaledonia Baru Diguncang Gempa Magnitudo 7,7, Kawasan Pasifik Mendapat Peringatan Tsunamu

Jum'at, 19 Mei 2023 | 14:08 WIB
header img
Ilustrasi Kaldonia baru. Foto:IST

JAKARTA, iNewsMalang.id - Kaledonia Baru, negara berpenduduk mayoritas suku jawa diguncang gempa bumi Magnitudo 7,7, Jumat (19/5/2023). Gempa di pasifik yang berada di bawah kendali Prancis ini berpotensi terjadi tsunami. Titik pusat gempa dilaporkan berada di sebelah tenggara Kepulauan Loyalty,kedalaman 38 km. Data ini dilansir dari  Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan peringatan ancaman gelombang tsunami setinggi 0,3 hingga 1 meter di Vanuatu. Sementara gelombang dengan ketinggian lebih rendah berpotensi terjadi di 25 kelompok kepulauan termasuk Tonga dan Tuvalu. Sementara itu dekat Kaledonia Baru melaporkan terjangan tsunami setinggi 22 sentimeter. Departemen meteorologi Vanuatu memperingatkan warganya di pesisit pantai untuk mengungsi ke tempat lebih tinggi.

Seorang pejabat departemen mengatakan, warga di pulau wilayah selatan melaporkan guncangan yang kuat. Peringatan tsunami juga dikeluarkan Biro Meteorologi Australia, yakni untuk Pulau Lord Howe di lepas pantai timur negara itu. Otoritas juga meminta sekitar 450 penduduk di pesisir untuk mengungsi atau menjauhi pantai akibat gelombang dan arus laut yang kuat. Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk sebagian besar pantai barat Selandia Baru.
 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut