get app
inews
Aa Read Next : Kloter Pertama Jamaah Haji Tebang ke Tanah Suci, Ini Pesan Gubernur Khofifah

Ketika Mualaf dari Jepang Naik Haji, Takjub Memandang Masjidil Haram

Senin, 03 Juli 2023 | 21:42 WIB
header img
Almas Choji (tengah) muslimah asal Jepang sangat senang bisa menunaikan haji (Foto: Saudi Gazette)

MAKKAH, iNewsMalang.id - Muslimah asal Jepang, Almas Choji, sangat senang bisa menunaikan ibadah haji bersama suaminya tahun ini. Choji masuk Islam setelah menikah dengan pria Jepang pada 2019. Sabagai mahar, Choji meminta naik haji, namun baru terwujud tahun ini karena pandemi Covid-19. 

“Saya menikah 4 tahun lalu, saya berusia 35 tahun, dan mahar saya perjalanan haji," kata Choji, kepada Pusat Komunikasi Pemerintah Arab Saudi (CGC), dikutip iNews.id dari Saudi Gazette, Senin (3/7/2023). Dia mengungkapkan rasa kagum saat pertama kali melihat Masjidil Haram di Makkah. Selama ini Choji hanya melihat dari foto di internet, masjid paling suci bagi umat Islam itu dipenuhi jemaah.

Menurut Choji, Masjidil Haram jauh lebih indah dari yang pernah dibayangkan. Dia juga mendapati kesamaan dan kedekatan bentuk antara tenda-tenda yang berdiri di Mina dengan tempat wisata terpencil di Jepang.“Haji berarti meninggalkan segalanya, seperti uang dan tanggung jawab, hanya untuk menghabiskan waktu bersama Allah,” kata Choji.

Dilansir iNews.id, Choji belajar tentang Islam setelah bertemu seorang pria Muslim yang bekerja di perusahaan makanan. Pria itu mengajarinya secara rinci soal Islam dan makanan halal. Muslimah Jepang lainnya Saema Honda mengungkapkan pengalaman serupa. Dia melihat fitur-fitur indah di pegunungan Jepang kemudian membandingkannya dengan kondisi Mina. Menurut dia, orang tidak bisa disebut pergi haji hanya dengan melakukan manasik. Ada hal menarik lainnya dari haji, yakni bertemu dengan Muslim dari penjuru dunia. 

Pengalaman melaksanakan haji berarti juga kesempatan untuk bertemu dan mengenal banyak orang dari seluruh dunia. “Bisa Anda bayangkan, orang-orang tak bisa melihat wajah saya karena masker, tapi saya bisa berkumpul dalam grup yang akrab dan ini adalah perasaan yang sangat bahagia,” ujarnya.

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut