get app
inews
Aa Read Next : Singo Edan Wajib Tetap Waspada Lawan Tira Persikabo 1973.

Krisis Kepercayaan Kepada Wasit Indonesia, Liga 1 Akhirnya Terjunkan Enam Wasit.

Rabu, 09 Maret 2022 | 17:24 WIB
header img
Liga 1

DENPASAR, iNewsMalang.id – Untuk memberikan kwalitas pertandingan sepak bola yang makin baik dan untuk memberikan rasa percaya kepada wasit dan seluruh pertandingan sepak bola tanah air, di Liga 1 2021-2022 ada pemandangan baru.  Liga 1 menerjunkan enam wasit untuk memimpin pertandingan, termasuk Persib Bandung vs Arema FC. Kebijakan tersebut dimulai Kamis (9/3|/2022) hari ini.

Hal ini diungkapkan Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita. Kebijakan ini diambil agar tiap pertandingan bisa berjalan lebih fair. Bagian wasit antara lain satu wasit utama yang memimpin laga. Lalu ada dua hakim garis serta wasit cadangan.

Selanjutnya ada dua additional assistant referee (AAR) yang akan berada di dekat gawang. "Iya hari ini baru akan kami terapkan sistem enam wasit dalam satu pertandingan. Tambahannya itu ada di belakang gawang seperti liga eropa sebelum VAR," kata Hadian kepada awak media termasuk Sportstars, Rabu (9/3/2022).

"Jadi, per hari ini akan kami pantau dan lihat langsung bagaimana penerapan enam wasit ini. Semoga dengan hadirnya 6 wasit itu akan membuat pertandingan semakin fair," tambah pria yang kerap di sapa lulu tersebut.

Penggunaan 6 wasit ini karena kepemimpinan wasit kerap jadi sorotan saat mengambil keputusan. Hal ini yang menjadi tujuan utama PT LIB menggunakan enam wasit.Terbaru, kasus wasit yang menggemparkan ada di Liga 3 antara Farmel melawan Persikota Tangerang.

Selepas pertandingan tersebut PSSI pun langsung  mengadakan pertemuan dengan wasit-wasit yang mendapatkan tugas untuk memimpin kompetisi Liga 3 babak 16 besar.  “Bisa jadi nanti orang-orang sudah tidak percaya dengan wasit-wasit Indonesia, dan kami bisa saja mengambil wasit-wasit dari luar negeri. Itu akan memicu wasit-wasit Indonesia untuk bisa lebih baik,” ujar Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi.

 

“Nanti juga akan ada Piala Soeratin U-17, U-15 dan U-13, jangan sampai Anda merusak mimpi anak-anak itu dengan keputusan-keputusan yang salah. Semoga masih ada niat baik dari kawan-kawan untuk memimpin laga dengan baik dan semangat serta kemauan baik di laga-laga Liga 3 berikutnya,” tutupnya.

 Liga 1 hari ini akan menyajikan tiga pertandingan yakni Persela Lamongan vs Persikabo, Madura United melawan Barito Putera serta big match Arema FC kontra Persib Bandung. iNews Madiun

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut