get app
inews
Aa
Read Next : Hari-Hari Terakhir Pangeran Diponegoro di Tanah Jawa : 26 Hari Tunggu Putusan di Batavia

Hari ini, 192 Tahun Lalu, Diponegoro Diasingkan ke Manado

Senin, 28 Maret 2022 | 10:45 WIB
header img
Pangeran Diponegoro (foto:istimewa)

JAKARTA - Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah berlangsung pada tanggal 28 Maret. Salah satunya seperti diasingkannya Pangeran Diponegoro ke Manado hingga pembajakan pesawat Garuda Indonesia oleh teroris.

Okezone coba merangkum beberapa momen menarik yang terjadi tepat pada 28 Maret. Beberapa momen tersebut bisa menjadi sejarah atau pun juga kenangan pahit bagi sebagian orang. Berikut ulasannya:

1. Pangeran Diponegoro tertangkap dan diasingkan ke Manado

Pada tanggal 28 Maret tahun 1830 terdapat peristiwa yakni Pangeran Diponegoro tertangkap oleh Belanda hingga akhirnya diasingkan ke Manado, Sulawesi Utara.

 

2. Pesawat DC-9 Woyla Garuda Indonesia Penerbangan 206 dibajak

Terdapat peristiwa yang kurang mengenakan pada tanggal 28 Maret 1981. Di mana, dalam penerbangan maskapai Garuda Indonesia bernama “Woyla” dengan nomor penerbangan 206, berkode ekor PK-GNJ mengalami insiden pembajakan saat lepas landas dari Palembang.

Pesawat itu dibajak oleh lima orang teroris yang dipimpin Imran bin Muhammad Zein, dan mengidentifikasi diri sebagai anggota kelompok Islam ekstremis “Komando Jihad” adalah kelompok ekstrimis Islam Indonesia yang ada dari tahun 1968 sampai dibubarkan melalui aksi pembersihan oleh anggota intelijen pada pertengahan tahun 1980-an.

 

3. Hari kelahiran penyanyi asal Amerika Lady Gaga

 

Tepat pada tanggal 28 Maret 1986 Stefani Joanne Angelina Germanotta alias Lady Gaga lahir di New York, Amerika Serikat. Ia dikenal karena karyanya yang tidak konvensional dan provokatif, serta eksperimen visualnya

4. Gempa bumi berkekuatan 8,7 SR mengguncang pulau Sumatera dan sekitarnya

Gempa Bumi berkekuatan 8,7 SR melanda Pulau Sumatera pada 28 Maret 2005 pukul 23.09 WIB . Dengan kekuatan sebesar 8,7 SR, gempa ini merupakan gempa bumi terbesar kedua di dunia sejak 1964. Segera setelah terjadi, muncul peringatan akan kemungkinan datangnya tsunami, kendati akhirnya tidak terjadi.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut