Logo Network
Network

Bagaimana jika Lolos SBMPTN Tidak Diambil?

Tim Litbang MPI
.
Minggu, 03 April 2022 | 10:23 WIB
Bagaimana jika Lolos SBMPTN Tidak Diambil?
Bagaimana jika lolos SBMPTN tapi tidak diambil? (Foto: Ilustrasi/Freepik)

JAKARTA - Impian banyak siswa ketika mengetahui namanya lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) . Jalur SBMPTN merupakan salah satu solusi masuk Perguruan Tinggi Negeri, selain seleksi lainnya seperti Seleksi Mandiri dan SNMPTN. Tahun ini, SBMPTN 2022 dibuka pada 23 Maret sampai 15 April 2022.

Syarat lolos melalui jalur, siswa harus melewati serangkaian tes tertulis atau Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Nilai yang diperoleh dari UTBK inilah yang akan digunakan untuk mendaftar SBMPTN. Pada saat mendaftar, siswa dapat memilih dua Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan maksimal dua program studi dalam satu PTN atau dua PTN.

Peserta SBMPTN akan dinyatakan lolos atau tidak berdasarkan nilai atau skor UTBK, kuota yang diterima, peminat, dan faktor lainnya. Karena banyaknya pertimbangan tersebut, tentu saja siswa ingin lolos melalui jalur ini dan masuk ke perguruan tinggi maupun universitas negeri pilihannya.

Namun, meskipun sudah dinyatakan lolos SBMPTN, ada siswa yang tidak mengambilnya karena berbagai alasan. Hal ini perlu menjadi perhatian sebab terdapat konsekuensi yang harus ditanggung jika lolos SBMPTN namun tidak diambil oleh siswa yang bersangkutan.

Konsekuensi bila siswa lolos SBMPTN tetapi tidak mengambil prodi yang dipilihnya, ia tidak bisa mengikuti Seleksi Mandiri di beberapa perguruan tinggi negeri. Hal ini karena nilai UTBK SBMPTN dijadikan sebagai salah satu syarat utama saat mendaftar Seleksi Mandiri. Artinya, nilai UTBK SBMPTN siswa yang lolos SBMPTN tapi tidak mengambilnya tidak dapat digunakan untuk mendaftar di Seleksi Mandiri PTN yang menggunakan nilai UTBK sebagai pertimbangan.

Catatan penting, Sleeksi Mandiri dengan pertimbangan nilai UTBK ini tidak hanya diberlakukan di jenjang sarjana S1, tetapi meliputi juga jenjang Diploma 3 dan Diploma IV atau sarjana terapan.

Konsekuensi berikutnya, siswa yang lolos SBMPTN dan tidak mengambilnya, ia harus mencari informasi terkait perguruan tinggi atau universitas negeri yang membuka Seleksi Mandiri namun tidak menggunakan nilai UTBK sebagai bahan pertimbangan.

Hal yang perlu dihindari ketika lolos SBMPTN tapi tidak mengambilnya, sebaiknya perhitungkan dengan matang jurusan atau universitas yang ingin diambil. Apakah itu benar-benar jurusan yang ingin ditekuni atau tidak. Selain itu, pertimbangkan juga faktor lainnya, seperti jarak universitas dengan rumah dan biaya yang diperlukan selama aktivitas kuliah, baik itu untuk aktivitas di dalam maupun di luar perkuliahan. iNews Malang

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini