get app
inews
Aa Read Next : Lowongan Kerja Fresh Graduate, PT SIER Buka 14 Posisi Kerja

Cara Memenuhi Nutrisi untuk Sahur dan Berbuka Puasa

Jum'at, 15 April 2022 | 10:18 WIB
header img
Ketahui cara memenuhi nutrisi untuk sahur dan buka puasa (Foto: Health Authority)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Banyak cara memenuhi nutrisi selama puasa di bulan Ramadan. Menyantap makanan yang memiliki banyak nutrisi sangat penting untuk menambah energi selama berpuasa. Untuk menghindari rasa lemas, Anda butuh nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Namun, sebagian dari masyarakat masih menyampingkan nutrisi dalam santapan sahur dan buka puasa

Bagaimana menurut ahli gizi? Berikut cara memenuhi nutrisi selama puasa berdasarkan ahli gizi. Dirangkum pada Kamis (14/4/2022). Ahli gizi Primaya Hospital Tangerang, dr. Yohan Samudra mengatakan, mengonsumsi makanan yang mengandung protein saat berpuasa (sahur dan berbuka) sangat penting. Sebab, protein menjadi asupan otot, sehingga mampu menjaga energi dalam tubuh.

"Menu sahur maupun menu berbuka harus ada lauk hewani ataupun nabatinya. Protein juga berfungsi untuk menjaga sistem imun kita dan penuhi kebutuhan protein 0,8-1 gr/kgbb/hari," kata dr Yohan.

Kemudian, nutrisi yang tepat juga dapat menjaga asupan air dalam tubuh ketika puasa. Jika seseorang dehidrasi (kekurangan cairan), tentu akan merasa lemas dan menyebabkan pusing.  "Kekurangan cairan dapat menyebabkan pusing, gangguan mood bahkan dalam jangka panjang bisa terjadi infeksi saluran kemih ataupun batu ginjal. Cukupi kebutuhan air putih sebanyak 8 gelas sehari atau sekitar 30-35 ml/kgbb/hari," ujar dr Yohan menambahkan

Sementara, menurut FoodMedic makanan seimbang dapat membantu menjaga tingkat energi tetap stabil. Oleh karena itu, idealnya mengandung hal-hal berikut: Kabohidrat: gandum, sereal sarapan gandum utuh, roti cokelat atau biji-bijian, couscous gandum utuh, quinoa gandum utuh, ubi jalar, gandum bulgar, barley atau pasta cokelat atau putih.

Pasta cokelat dan putih adalah karbohidrat lepas lambat, pasta cokelat mengandung serat dan lebih tinggi kadar vitamin B. Buah atau sayuran Protein: yoghurt, susu, daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur. Lemak: minyak zaitun, minyak lobak, minyak kenari, keju, alpukat, hummus, kacang-kacangan, biji-bijian, selai kacang.
iNews Malang

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut