get app
inews
Aa Read Next : Komplit, Aturan Baru Kemenag Soal Larangan dan Bentuk Kekerasan Seksual di Sekolah

Suka Meniru menjadi Salah Satu Faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial

Kamis, 28 April 2022 | 10:16 WIB
header img
Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial salah satunya suka meniru (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial pada lingkungan masyakarat. Interaksi sosial berasal dari kata interaksi artinya tindakan yang terjadi secara dua orang atau lebih yang bereaksi akan timbal balik melalui kontak langsung maupun tidak langsung.

Ada dua syarat terjadinya Interaksi sosial, yaitu kontak sosial dan komunikasi. Kontak sosial dapat terjadi antarindividu, antara individu dengan individu, antara individu dengan kelompok, atau antara kelompok dengan kelompok. Sedangkan komunikasi merupakan kegiatan memahami pesan orang lain dan memberikan reaksi atas pesan tersebut.

Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial yang dirangkum okezone:

1. Imitasi 

Imitasi atau meniru adalah suatu proses kognisi untuk melakukan tindakan maupun aksi seperti yang dilakukan oleh model dengan melibatkan indra sebagai penerima rangsang dan pemasangan kemampuan persepsi untuk mengolah informasi dari rangsang dengan kemampuan aksi untuk melakukan gerakan motorik. Proses ini melibatkan kemampuan kognisi tahap tinggi karena tidak hanya melibatkan bahasa namun juga pemahaman terhadap pemikiran orang lain.

2. Sugesti

Sugesti merupakan  pengaruh atau pandangan dari satu pihak kepada pihak lain.  Akibatnya pihak yang dipengaruhi akan tergerak mengikuti pengaruh atau pandangan tersebut dan menerimanya secara sadar atau tidak sadar tanpa berpikir panjang.

 3. Identifikasi

Identifikasi merupakan bentuk lanjutan dari proses imitasi dan sugesti yang memiliki pengaruh yang sangat kuat.Adapun, identifikasi adalah kegiatan yang mencari, menemukan, mengumpulkan, meneliti, mendaftarkan, mencatat data dan informasi dari “kebutuhan” lapangan. Secara intensitas kebutuhan dapat dikategorikan (dua) macam yakni kebutuhan terasa yang sifatnya mendesak dan kebutuhan terduga yang sifatnya tidak mendesak.

4. Simpati

Simpati melibatkan proses evaluasi atau penilaian sebelum menentukan tertarik atau tidak, sehingga merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain itu akan menjadi emosi yang sangat mendalam.

5. Empati

Empati termasuk kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, merasa simpatik dan mencoba menyelesaikan masalah, dan mengambil perspektif orang lain. Definisi lain dari empati yaitu kemampuan individu untuk mengidentifikasi dan memahami bagaimana perasaan dan kondisi orang lain.

6. Motivasi

Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi social adalah motivasi. Adapun arti motivasi adalah  mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seorang individu. Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi jika orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya dengan mengerjakan pekerjaan yang sedang dilakukannya pada saat ini. 

iNews Malang

 

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut