Pelaku Penembakan Pasutri di Kota Batu Tertangkap, Teridentifikasi dari Kamera CCTV

Avirista Midaada
Polisi meminta keterangan pelaku penembakan saat press rilis di Polres Batu. Foto: Avirista Midaada.

BATU, iNewsMalang.id -  Pelaku penembakan ke pasangan suami istri (Pasutri) di Kota Batu akhirnya ditangkap. Pelaku diketahui bernama Monang Sihombing (52), warga asal Pakis, Kabupaten Malang, yang tidak memiliki tempat tinggal tetap.

Pelaku diamankan tak kurang dari 8 jam pasca beraksi di Jalan Wukir, Kelurahan Temas, tepatnya di depan Kantor Kelurahan Temas, Kota Batu, pada Kamis siang (10/10/2024) sekitar pukul 13.30 WIB, dengan korban Pasutri dan anaknya, penjual bakso yang baru pulang darı ziarah makam.

Kapolres Batu AKBP Andi Yudha Pranata menuturkan, pelaku diamankan di Singosari, Kabupaten Malang, usai teridentifikasi dari rekaman CCTV yang ada di Kantor Kelurahan Temas. Saat itu pelaku diduga hendak kabur ke luar, melalui Singosari, Kabupaten Malang.

"Kurang darı 7 jam, sebelum jam 9 malam tim Satreskrim Polres Batu dan tim Polda Batu, berkolaborasi berhasil menemukan pelaku di Singosari, Kabupaten Malang," ucap Andi Yudha Pranata, saat rilis di Mapolres Batu, pada Jumat pagi (11/10/2024).
 
Tersangka diamankan lengkap dengan barang bukti senjata jenis air gun, dengan amunisi. Senjata itu dibuat dan dirakit sendiri oleh Monang Sihombing, dengan melihat cara pembuatan dari media sosial Facebook.

"Tindak pidana penganiayaan yang dilakukan dengan menggunakan senjata rakitan, dengan cara menembak sebagaimana diatur dalam beberapa aturan-aturan yang mengikat kejadian ada dua kali," tuturnya.

Dua kali aksi darı Monang itu dilakukan setelah kepolisian mengidentifikasi dari rekaman kamera CCTV di lokasi kedua penembakan oleh pelaku. Aksi menembak pertamanya dilakukan di kawasan Arhanud, Desa Pendem, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, pada Selasa 1 Oktober 2024, sekitar pukul 15.30 WIB.

"Jadi ada dua lokasi, yang pertama di Arhanud, yang kedua kejadiannya adalah hari Kamis tanggal 10 Oktober 2024 sekitar pukul 13.50 WIB. Jadi ada kesamaan sama-sama siang atau sore hari, dan TKP sama-sama tidak jauh darı persimpangan jalan," jelasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, peristiwa penembakkan terjadi di depan Kantor Kelurahan Temas, Kecamatan Batu Kota, Kota Batu, di Jalan Wukir, pada Kamis siang (10/10/2024) sekitar pukul 13.30 WIB. Korban yang saat itu membonceng istrinya, Reni Aisyah dan anaknya melintas dari timur atau darı Torongrejo ke barat ditembak orang tak dikenal.

Awalnya terduga pelaku melaju searah dengan sepeda motor yang dinaiki korbannya. Tapi ketika melintasi depan Kantor Kelurahan Temas, Kota Batu, tiba-tiba terduga pelaku putar balik dan menembakkan pistol ke tubuh korban yang tengah mengendarai sepeda motor.

Pelaku langsung kabur ke arah utara atau ke Pandanrejo, Kota Batu. Sedangkan pelaku yang merasa kesakitan karena luka penuh darah di dada kirinya, langsung menepikan kendaraannya dan ditolong oleh warga sekitar. Korban dibawa ke RS Hasta Brata, Kota Batu, untuk perawatan pertama.

Editor : Avirista Midaada

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network