Ambush Marketing, Seperti Apa Praktiknya?

Shelma Rachmayanti
Paris Fashion Week (Foto: Okezone.com/StyleGods)

JAKARTA – iNewsMalang.id.  Istilah Ambush Marketing akhir-akhir ini tengah ramai diperbincangkan khalayak di Indonesia. Hal itu dipicu oleh ramainya pemberitaan beberapa brand dari Indonesia yang berkunjung ke Paris Perancis, bersamaan dengan hajatan fashion akbar di kota itu, Paris Fashion Week.

Founder Yayasan Rumah Perubahan Prof Rhenald menjelaskan mengenai ambush marketing. Hal ini usai kehadiran beberapa brand lokal seperti Geprek Bensu di ajang Paris Fashion Week 2022 yang tengah ramai diperbincangkan netizen.

Namun, faktanya Geprek Bensu menghadiri ajang Paris Fashion Show yang diadakan bersamaan dengan Paris Fashion Week 2022.

“Nah semua ini kemudian menjadi perdebatan karena sebelumnya ada sebuah IG yang justru menjelaskan dari Geprek Bensu. Dia mengatakan begini ‘Hai guys Yayam mau update hari ke-2 selama di Paris dalam #BensuPedaskanParis. Owner kesayangan yayam Pak Jordi Onsu seru banget nih lagi mempersiapkan acara PFW 2022, ikutan meeting bareng team PFW & model, belanja kebutuhan untuk buka booth di PFW, seru banget ya,” jelas Prof Rhenald seperti dikutip dari akun Youtube pribadinya, Jumat (11/3/2022).

 

Dia mengatakan, bahwa public relation (PR) dari Geprek Bensu mengkomunikasikan terkait Paris Fashion Week (PFW) 2022. Terlebih, euforianya cukup terasa di Paris.

“Bayangkan ada banyak sekali artis, influencer, bintang-bintang terkenal dari Indonesia termasuk Ariel Noah. Juga ada beberapa stand up comedy-an dan influencer yang penting-penting yang followers-nya banyak banget,” kata Prof Rhenald.

 

Kemudian, Prof Rhenald mengungkapkan, orang-orang tersebut berkunjung ke Paris tidak dibiayai oleh Paris Fashion Week. Namun, berkat para sponsor dari berbagai bidang.

 

“Tentu saja mereka datang ke sana bukan dibiayai oleh PFW, bukan karena undangan , tetapi dibawa oleh sponsor yang di antaranya adalah pengusaha kuliner, kemudian juga ada pengusaha yang terkenal di bidang kosmetik. Ke 10 brand lokal yang tampil di sana, di-organize oleh sebuah lembaga yang namanya Gerakan Kreatif Nasional (Gekrafs) yang bekerja sama dengan Kementerian Parekraf,” ucapnya.

Akademisi dan praktisi bisnis ini menjelaskan, Ambush Marketing merupakan strategi promosi yang digunakan oleh non-sponsor untuk memanfaatkan popularitas sebuah acara atau properti.

Fenomena ini sudah lama dijalankan secara kreatif oleh brand-brand besar seperti Nike, Pepsi, dan lainnya.

“Merek-merek bisa mencuri perhatian pada perhelatan besar , menyergap dengan cara-cara kreatif. Tapi apa yang dilakukan 10 brand lokal kita di Paris dalam ajang PFW bukanlah Ambush,” tandasnya.

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network