get app
inews
Aa Read Next : BRIN Mengkaji IKN Nusantara : Singgung Nuklir?

Fakta Video UFO Terbang di Malang, Ini Penjelasan Ahli

Sabtu, 18 Juni 2022 | 05:27 WIB
header img
Beredar video diduga UFO di Malang mendapat tanggapan dari Ahli (Foto: Tangkapan layar)

MALANG, iNewsMalang - Video diduga UFO di Malang beredar dan menggegerkan warga media sosial, akhirnya seorang pakar astronomi buka suara. Sang pakar astronomi menyebut video yang diunggah akun Tiktok @gbchannel87 sebagai sebuah rekayasa.

Peneliti astronomi Pusat Riset Antariksa BRIN Thomas Djamaluddin mengungkapkan, berdasarkan analisis darinya video itu memang terlihat dinarasikan sedemikian rupa dan diatur.

"Tampak kesengajaan meliput langit berawan, lalu muncul objek tidak dikenal, narasinya cenderung kebetulan yang diatur. Saya menduga itu video rekayasa," kata Thomas Djamaluddin, saat dihubungi MNC Portal, pada Jumat malam (17/6/2022).

Menurutnya, video serupa juga beberapa kali terjadi di belahan daerah di Indonesia yang diatur dengan aplikasi khusus. Ia sendiri menemukan adanya aplikasi yang bisa menampakkan foto UFO atau alien.

"Video rekayasa dengan editting atau menggunakan suatu aplikasi. Dulu ada aplikasi foto yang menampakkan UFO atau alien. Mungkin sekarang ada aplikasi sejenis untuk video," ucap pria yang dulu menjadi Kepala Lapan tersebut.

Dirinya menegaskan sejauh ini fenomena UFO dalam ilmu pengetahuan masih belum bisa dibuktikan secara nyata atau sifatnya pseudoscience, yang berarti sains semu. Maka ia meminta masyarakat agar tidak mudah percaya begitu saja dengan narasi - narasi adanya UFO dan alien.

"Astronomi menganggap fenomena yang dianggap UFO adalah pseudoscience, alias sains semu. Tidak ada bukti ilmiah soal kunjungan UFO yang dianggap wahana alien dari luar bumi," tukasnya.

Sebelumnya diberitakan, sebuah video yang dinarasikan sebagai UFO beredar di media sosial. Video berdurasi 2 menit 42 detik ini diunggah oleh akun Tiktok @gbchannel87 pada Kamis (16/6/2022) kemarin. Video tersebut sontak mendapat perhatian warganet dan telah ditonton hingga 1,6 juta kali di Tiktok. Pada video tersebut juga dituliskan keterangan video diambil di Malang pada 12 Juni 2022 pukul 13.00 WIB.

Tetapi tidak disebutkan dengan jelas lokasinya di Malang dan tidak teridentifikasi secara khusus lokasi yang disebutkan pada keterangan di video tersebut. Tampak dari pengamatan video berdurasi 2 menit 42 detik tersebut, suasana langit terlihat mendung. Tak berselang lama tepatnya di menit 1 lebih 2 detik tampak sebuah benda berwarna hitam seperti piring yang muncul dari langit.

"Sekitar 3 menit kemudian terlihat sebuah object / benda berbentuk bulat pipih seperti piringan berwarna hitam melayang di antara awan mendung entah darimana asalnya," tulis keterangan yang ada di video tersebut.

Selanjutnya terdengar percakapan yang diduga merupakan perekam video dengan seorang rekannya. Pada percakapan tersebut terdengar ada keterangan benda misterius yang disebut sebagai UFO terbang melayang di langit kemudian hilang. "Seperti lempengan hitam, apa itu semacam drone atau mungkin mainan remote kontrol.

Dia muter melayang di bawah langit yang mendung. Itu masih terlihat melayang tapi nggak kemana-mana. Masak UFO dia naik - naik, terus hilang," ucap suara yang ada di video tersebut. Sontak saja video itu memantik warganet penasaran dan menjadi perhatian.

Video itu lantas tersebar di media sosial dengan narasi benda misterius itu adalah UFO. Seorang warganet sempat memberikan komentar bahwa video itu berada di wilayah Karangploso, Kabupaten Malang. Namun hal itu juga belum dapat dipastikan kebenarannya. iNews Malang

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut