get app
inews
Aa Read Next : Fakta Video UFO Terbang di Malang, Ini Penjelasan Ahli

BRIN Mengkaji IKN Nusantara : Singgung Nuklir?

Kamis, 31 Maret 2022 | 19:51 WIB
header img
Lokasi IKN Nusantara. (Foto Antara)

JAKARTA, iNewsMalang.id – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melakukan riset penguatan ketahanan pangan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk masukan dalam proses penyusunan rencana induk pembangunan IKN.
"BRIN mulai mempersiapkan tentang kajian-kajian ibu kota negara untuk penyusunan masterplan ibu kota negara baru," ujar Muhammad Abdul Kholiq, Plt Direktur Pembangunan Lingkungan Hidup, Kemaritiman, Sumber Daya Alam dan Ketenaganukliran Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN pada Kamis (31/3/2022).

Menurutnya beberapa hal penting yang terkait dengan ketahanan pangan di IKN, industri pangan dan juga pengolahan hasil pertanian di kawasan pendukung IKN akan digalakkan dalam kajian tersebut.

"Dalam membangun ekonomi hijau, kita ingin memastikan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan kelestarian lingkungan, ekonomi rendah karbon, energi baru terbarukan dan ketenaganukliran," terangnya.

BRIN dalam hal ini berupaya untuk membangun adanya ekonomi hijau melalui smart farming/pertanian pintar serta ekonomi sirkular sebagai sektor pangan dan pertanian. Upaya ini dilakukan untuk mengurangi adanya ekstaksi sumber daya alam serta memanfaatkan limbah dan sampah sebagai putaran ekonomi baru.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut