Menumbuhkan Spirit Ken Arok pada Entrepreneur Muda Malang Raya

Arif Han
.
Senin, 04 Juli 2022 | 14:24 WIB
Menumbuhkan Spirit Ken Arok pada Entrepreneur Muda Malang Raya

Malang, iNewsMalang.id- Ken Arok adalah salah satu tokoh melegenda di Indonesia, terutama di Malang Raya, dimana dia tumbuh dan besar. Dia adalah sang pendiri Wangsa Rajasa, pendiri Kerajaan Singasari yang lokasinya ada di Malang Raya.  Seperti diketahui, Ken Arok awalnya bukan siapa-siapa, hanya seseorang anak dari keturunan orang biasa bukan dari kalangan darah biru atau ningrat.  Namun berkat kerja keras dan kecerdikannya, dia mampu mendirikan dinastinya sendiri yang biasa disebut Wangsa Rajasa dan kerajaan Singosari dimana anak keturunannya akhirnya mewarnai peta sejarah kehidupan bangsa Nusantara. Berawal dari mendirikan Kerajaan Singosari, dan kemudian berlanjut pada kerajaan Majapahit, sebuah emperium besar di Nusantara.

Dari spirit, kerja keras dan kerja cerdas Ken Arok inilah patut untuk kita teladani dalam mengembangkan Indonesia kedepannya. Walapun mesti diakui, memang banyak kisah kontroversial tentang tokoh besar ini, namun memang menjadi sebuah keniscayaan bahwa tokoh besar selalu mempunyai kontroversinya sendiri, siapapun itu. Namun sebagai generasi muda yang menghargai jasa para pendahulu Nusantara, kita bisa memilih antara yang baik dan yang buruk. Ada sebuah istilah “warisi apinya bukan abunya”.

Demikian dikatakan oleh Rino Lande, seorang pengusaha muda yang tumbuh dan besar di Kota Malang,  dalam sebuah diskusi “ Menumbuhkan Spirit Ken Arok pada Entreprneur Muda Malang Raya” yang dilaksanakan di ruang inkubasi  social bisnisnya di Jalan Sriwijaya 1 Kota Malang, Minggu 3 Juli 2022.

Dikatakan oleh Rino sudah sepatutnya para entrepeneur muda Malang Raya mencontoh secara bijak spirit Ken Arok ini. Ken Arok yang awalnya buka siap-siapa akhirnya mampu mengalahkan dominasi Kerajaan Kediri yang sudah mapan dan akhirnya mampu mendirikan kerajaannya sendiri, Singosari. Tentu itu bukan hal yang mudah dan pastinya memerlukan spirit dan strategi yang luar biasa hebat. “perlu kita contoh semangat dari Ken Arok ini. Warisi apinya, bukan abunya, ” demikian dikatakan oleh Rino.

Lebih lanjut, Rino yang mengawali hidup dengan belajar dan bekerja di Kota Malang ini menjelaskan bahwa saat ini sudah saatnya bagi dirinya yang dibesarkan di Kota Malang untuk mengembalikan jasa baik Kota Malang yang pernah membesarkan dirinya dalam bentuk Pusat Studi dan Gerakan Social Entrepreneurship di Malang Raya yang bertujuan untk mengembangkan segala potensi Malang Raya ini. Melalui sebuah lembaga yang digagasnya ini, dia mempunyai impian bahwa warga Malang Raya bisa mengangkat harkat dan derajatnya mengembalikan spirit kejayaan Singosari yang tercatat mewarnai bumi Nusantara.

Dalam acara yang dihadiri oleh sekitar 100 para pengusaha muda di Malang Raya ini, Rino menyuntikkan semangat tentang Kejayaan Malang Raya melalui Singosari dan tentu melaui spirit salah satu pendirinya, yaitu Ken Arok. Dia mengingatkan bahwa Malang Raya adalah sebuah wilayah “sakral” yang sangat menentukan peta perjalanan sejarah Nusantara. “Malang ini mempunyai budaya, spirit dan etos kerja yang luar biasa, yang sudah sepantasnya selalu menjadi nomor satu di Indonesia. Sudah saatnya dari Malang tumbuh lagi Ken Arok- Ken Arok Muda untuk bisa memimpin Nusantara atau Indonesia saat ini dan kedepannya. Demikian dikatakan Rino Lande menutup sesi acaranya (rif).

InewsMalang.id

Editor : Arif Handono
Bagikan Artikel Ini