Brigjen Hendra Kurniawan, Jendral Kedua yang Dicopot Karena Kasus Sambo

Muhammad Yan Yusuf
.
Kamis, 25 Agustus 2022 | 11:45 WIB
Brigjen Hendra Kurniawan ( Dok : MNCMedia )

JAKARTA, iNewsMalang.idl - Profil Brigjen Hendra Kurniawan sebagai Karopaminal Mabes Polri menyita perhatian masyarakat. Hal itu terungkap setelah dirinya diduga melakukan intimidasi kepada keluarga Brigadir J yang tereksekusi mati di rumah Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo.

Brigjen Hendra diketahui merupakan orang keturunan Tionghoa pertama yang berpangkat Brigadir Jenderal. Bahkan ia juga disebut memiliki rekam jejak yang cemerlang.

Penasaran dengan sosok profil Brigjen Hendra Kurniawan? Yuk intip penjelasan yang dihimpun kami dari berbagai sumber.

Tuduhan Intimidasi

Adanya dugaan intimidasi terhadap keluarga Brigadir J oleh Brigjen Hendra Kurniawan disampaikan oleh kuasa hukum keluarga, Kamaruddin Simanjuntak.

Selain itu, dugaan kuat juga diungkapkan pihak keluarga Brigadir J setelah Brigjen Hendra melarang keluarga membuka peti jenazah, melarang merekam video, hingga masuk tanpa izin ke rumah dan langsung menutup pintu.

Profil Brigjen Hendra Kurniawan 

Melansir dari berbagai sumber, Brigjen Hendra Kurniawan merupakan pria kelahiran 16 Maret 1974. Dengan demikian saat kasus penembakan Brigadir J, umurnya telah mencapai 48 tahun.

Selain itu, ia merupakan perwira tinggi Polri yang saat ini menjabat sebagai Karopaminal Divpropam Polri. Jabatan itu diembannya sejak 16 November tahun 2020 lalu, tak lama setelah Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri. 

Ia juga diketahui lulusan Akpol tahun 1995 silam dan telah berpengalaman dalam Propam dengan jabatan terakhirnya Kabagbinpam Ropaminal Divpropam Polri. 

Seperti dijelaskan diatas ia memiliki rekam jejak yang mulus untuk seorang lulusan Akpol tahun 1995. Ia pun banyak berkecimpung di Divisi Paminal yang tak lain merupakan komisi disiplin kepolisian.

  • Adapun jabatan yang diemban Brigjen Hendra Kurniawan selama berkarir menjadi Polisi, yaitu :
  • Kaden A Ro Paminal Div Propam Polri 
  • Analis Kebijakan madya Bidang Paminal Div Propam Polri
  • Kabagbinpam Ro Paminal Divpropam Polri 
  • Karo Paminal Div Propam Polri (2020)
Editor : Arif Handono
Bagikan Artikel Ini