Logo Network
Network

Kisah Dokter Triyanto Saudin, Pencetus Rumah Sakit Islam Punten Batu Malang

Salsa Nabila
.
Jum'at, 26 Agustus 2022 | 11:22 WIB
Kisah Dokter Triyanto Saudin, Pencetus Rumah Sakit Islam Punten Batu Malang
Dr.Triyanto Suadin, PENDIRI RS PUNTEN BATU ( foto : Tangakapan layar Youtube )

BATU, iNewsMalang.id - Inilah kisah dokter Triyanto Saudin Founder Rumah Sakit Punten, Kota Batu, Malang.  Terselip kisah menarik dalam bidang kesehatan disana. Kisah seorang Dokter Umum yang awalnya mendirikan Klinik akhirnya menjadi Rumah Sakit. Mendirikan Klinik kesehatan dan membangun Klinik Kesehatan merupakan hal yang cukup mudah. Tetapi, mendapatkan kepercayaan pasien dan memberikan pelayanan terbaik dengan konsisten itu hal yang sulit dilakukan.

Lalu bagaimana dokter Triyanto Saudin? Simak penjelasan yang berhasil dihimpun kami dari berbagai sumber.

Awal Kisahnya

Dokter Triyanto Saudin melakukan segala cara agar usahanya berkembang dan berhasil. Dengan belajar, pantang menyerah selalu berusaha, mengambil pelajaran dari pengalaman dan berdoa. Selain itu, ia juga menjalankan bisnis ini sesuai dengan syariat islam. Kini, ia berhasil mewujudkan impiannya dengan mendirikan RS Punten.

Kisah Dokter Triyanto Saudin

Sebelumnya, Dokter Triyanto Saudin tidak berniat mendirikan RS karena tidak ada background dalam bidang kesehatan, dan ia juga berasal dari Keluarga petani dan pedagang.  Setelah lulus SMA ia mengikuti kursus komputer yang akhirnya ia bekerja menjadi programmer komputer. Lalu, ia daftar di ITB mengambil jurusan Teknik Informatika dan mesin Bro Informatika tetapi tidak diterima.

Ditahun selanjutnya ia diterima di Universitas Wijaya Kusuma di Fakultas kedokteran, itulah awal mula ia dalam dunia kesehatan. Oleh karena itu, muncul niat ingin membangun sebuah klinik di daerah Batu. Di Batu terdapat klinik tetapi masih belum bagus. Sebelum membangun klinik ia bekerja di sebuah Klinik, dari bekerja Klinik itu ia mempelajari bagaimana manajemennya, mengelola klinik, mengelola obat dan lain-lain. Pada akhirnya Dokter Triyanto Saudin membangun sebuah Klinik rawat jalan.

Berawal dari sebuah klinik rawat jalan, lalu menjadi RS Punten. Berdiri sejak 18 September 2000. Rumah sakit Punten Batu ini masih berjalan dengan baik sampai saat ini. Dokter Triyanto Saudin awalnya berbisnis Klinik Kesehatan untuk membantu sesama dan usaha dalam jalan Allah. Dinamakan RS Punten karena lokasi nya berada di desa Punten.

Pada awal berdiri, RS Punten merupakan sebuah klinik rawat jalan yang hanya melayani pemeriksaan umum dan layanan rawat jalan pasien saja. Seiring berjalannya waktu, ia mampu mengembangkan usahanya, RS punten mulai melakukan sistemasi dalam hal data base pasien, inventori obat, dan menambah gedung pasien rawat inap.

Namun, selama perjalanannya dalam mengembangkan bisnis RS Punten ini tidak selalu berjalan mulus, kerap kali menghadapi hambatan dan cobaan dalam proses bisnis rumah sakit ini. Bahkan, RS Punten ini baru mendapatkan izin operasi sebagai Rumah Sakit pada tahun 2017.

Dengan mengembangkan Rumah Sakit, memperbaiki manajemen rumah sakit, dan lain-lain. Kini, RS Punten Batu berhasil membuat software sendiri yang digunakan sebagai sistemator database pasien dan inventori obat. Hal ini menjadikan RS Punten salah satu Rumah sakit terbaik di Kota Batu.

Selama perjalanannya mengembangkan dan mengelola Klinik yang akhirnya menjadi RS Punten, banyak sekali pelajaran atau hikmah yang didapat oleh Dokter Triyanto Saudin yakni dalam menjalankan bisnis jangan berhutang dan Riba. Karena bisnis tanpa hutang dan Riba akan menjadikan hidup dan bisnisnya itu berkah.

Demikianlah pembahasan mengenai kisah Dokter Triyanto Saudin. Semoga bisa menginspirasi Anda.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini