Bisnis Kuliner Bisa Jadi Peluang Usaha Menjanjikan bagi Pemula meski Modal Kecil, Simak 9 Cara Ini

Alifia Furaida Salsabila
.
Selasa, 29 November 2022 | 11:49 WIB
Bisnis kuliner cocok bagi usahawan pemula meski dengan modal kecil (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsMalang.id – Bisnis kuliner bisa dimulai dari modal kecil. Hal itu sangat bisa dilakukan sendiri asal memiliki tekad yang kuat. Bisnis kuliner merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan. Usaha ini juga banyak diminati orang dan sangat cocok untuk pemula.

Apabila kamu tertarik dengan bisnis kuliner, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan sebelum terjun ke dunia usaha ini.

Dilansir dari berbagai sumber pada Selasa (29/11/2022), celebrities.id telah merangkum cara memulai bisnis kuliner modal kecil sebagai berikut.

Cara Memulai Bisnis Kuliner Modal Kecil

1. Membuat Rencana Bisnis

Jika kita berniat menjalankan bisnis kuliner, kamu harus membuat sebuah rencana bisnis terlebih dahulu. Rencana bisnis dilakukan untuk mengidentifikasi tujuan kedepannya. Poin yang masuk dalam rencana bisnis antara lain branding, target pasar, identitas brand jenis kuliner yang ingin dijual dan sistem operasional. 

Saat menentukan rencana bisnis yang paling penting adalah membuat strategi branding yang tepat agar nantinya kamu bisa mendapat keuntungan yang banyak.

2. Survei Peluang Pasar

Saat kamu akan memulai sebuah bisnis, kamu juga harus survei untuk melihat peluang pasar. Kamu bisa mengumpulkan informasi sebanyak mungkin tentang pesaing bisnis kamu. Carilah kelebihan serta kekurangan dari usaha yang mereka jalankan mulai dari menu dan produk yang dijual.

3. Memilih Tempat Usaha yang Strategis

Salah satu faktor yang harus diperhatikan saat memulai sebuah bisnis yaitu dengan memperhatikan tempat usaha yang strategis. Kamu harus melakukan survei ke beberapa tempat yang nantinya menjadi lokasi bisnis kamu. Perhatikan keamanan serta lahan parkir dan sumber daya beli masyarakatnya. 

4. Menentukan Harga Produk

Ketika kamu menjalankan sebuah bisnis, menentukan harga produk adalah sesuatu yang sangat membingungkan. Kamu bisa menentukan harga setelah melakukan riset  harga pasar.

5. Membuat Inovasi Bisnis

Supaya bisnis kuliner kamu dilirik, buatlah inovasi bisnis yang berbeda dari yang lain. Kamu bisa melakukan inovasi mulai dari segi tampilan, bentuk hingga rasa. Ketika bisnis kamu sudah berjalan, tetap lakukan inovasi baru sehingga bisa menyingkirkan pesaing secara perlahan.

6. Membentuk Tim Kerja

Supaya bisnis kuliner berhasil, buatlah tim kerja untuk membantumu dalam mengembangkan bisnis kamu. Kamu bisa mengajak 2-3 orang untuk membantu kamu berbisnis dengan modal yang kecil. 

7. Menyiapkan Modal

Kamu harus menyiapkan modal saat berkeinginan untuk memulai suatu bisnis. Modal yang dikumpulkan juga bervariasi tergantung jenis kuliner yang akan kamu jalani. 

8. Cari Supplier yang Tepat

Agar modal yang kamu keluarkan tidak terlalu banyak, carilah supplier dari tangan pertama. Kamu juga harus memastikan supplier tersebut memproduksi bahan baku yang berkualitas

9. Melakukan Promosi

Langkah awal supaya bisnis kamu dapat dikenal semua orang, lakukanlah promosi dari media sosial. Kamu juga bisa mengenalkan bisnis kamu dengan membuat konten di media sosial.

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini