get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia U-23 Mencetak Sejarah dengan Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23

Butuh Solusi Hidup? Sholat Hajat Dianjurkan Islam bagi Muslim yang Bermasalah, Begini Aturannya

Rabu, 04 Januari 2023 | 14:27 WIB
header img
Bagi muslim yang bermasalah dianjurkan mendirikan sholat hajat (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Salah satu sholat sunah yang dianjurkan untuk dilakukan seseorang yang memiliki keinginan, cita-cita atau ingin permasalahan hidup cepat selesai adalah sholat hajat

Dalam Islam, sholat hajat erat hubungannya dengan masalah duniawi terutama untuk hal materi. Sholat hajat juga menjadi cara tepat untuk mengadu kepada Allah supaya dipermudah untuk mewujudkan keinginan. 

Rasulullah SAW bersabda "Barang siapa mempunyai hajat (kebutuhan) kepada Allah atau kepada salah seorang dari anak Adam, hendaklah dia berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, sholat dua rakaat, kemudian hendaklah dia mengucapkan pujian kepada Allah dan mengucapkan shalawat kepada Nabi SAW, kemudian hendaklah berdoa" (HR Al-Tirmidzi dan Ibn Majah)

Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (4/1/2023), celebrities.id telah merangkum niat, tata cara dan doa sholat hajat sebagai berikut.

Tata Cara dan Niat Sholat Hajat

1. Melafalkan Niat

Sebelum kamu melaksanakan sholat hajat, harus melafalkan niat terlebih dahulu.

اُصَلِّى سُنَّةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok'aataini lillahi ta'ala.

Artinya:

"Aku berniat sholat hajat sunnah hajat dua raka'at karena Allah Ta'ala"

2. Takbiratul Ihram

Sangat dianjurkan pada saat takbiratul ihram, melafalkan niat dalam hati juga. 

3. Membaca doa iftitah
4. Membaca surat Al-Fatihah
5. Membaca suratan Alquran
6. Rukuk
7. I'tidal
8. Sujud
9. Duduk diantara dua sujud
10. Sujud lagi
11. Bangkit untuk melakukan gerakan rakaat kedua
12. Membaca Al-Fatihah
13. Membaca suratan Alquran
14. Rukuk
15. I'tidal
16. Sujud
17. Duduk di antara dua sujud
18. Sujud
19. Duduk tasyahud akhir
20. Salam

Bacaan Dzikir setelah Sholat Hajat

Untuk menyempurnakan sholat hajat, sangat dianjurkan untuk membaca dzikir setelah sholat hajat. Adapun dzikir yang dibaca sebagai berikut:

  • Subhahanallah walhamdulillah walaailaaha illallah waallahu akbar walaa haula wa quwwata illaa billahil 'aliiyil 'adzim. Baca sebanyak 10 kali.
  • Allahumma sholli 'alaa sayyidina muhammad wa 'alaa ali sayyidina muhammad. Dibaca sebanyak 10 kali.
  • Doa sapu jagat: Rabbanaa aatinaa fidunyaa hasanah wa fil'ahirati hasanah wa qinaa 'adzaabannar. Dibaca sebanyak 10 kali.

Doa Sholat Hajat

Setelah selesai membaca dzikir di atas, lanjutkan dengan doa sholat hajat:

'Laa ilaaha illalloohul haliimul kariim. Subhaanallohi robbil 'arsyil 'azhiim. Alhamdulillaahi robbil 'aalamiin. As aluka muujibaari rohmatika wa 'aazaaima maghfirotika wal ghoniimata min kulli birri wassalaamata min kulli itsmin laa tada' lii dzamban illa ghofartah walaa hamman illaa farojtah walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitah yaa arhamar roohimiin'

Artinya:

"Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dan Penyayang."

Waktu Terbaik Melakukan Sholat Hajat

Sholat Hajat adalah sholat yang dikerjakan minimal 2 rakaat dan maksimal 12 rakaat. Sholat hajat bisa dilakukan pada waktu kapan saja. Namun waktu terbaik untuk sholat hajat yaitu pada sepertiga malam terakhir mulai jam 01.00 hingga menjelang subuh. Umat muslim bisa melakukan sholat hajat setelah sholat tahajud.

 

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut