Logo Network
Network

Artinya Healing dan Refresing Berbeda lho! Simak Penjelasan Ilmiahnya

NurHid’99, iNewsMalang
.
Rabu, 01 Februari 2023 | 22:39 WIB
Artinya Healing dan Refresing Berbeda lho! Simak Penjelasan Ilmiahnya
Kini marak penelusuran artinya healing. Terungkap fakta perbedaab healing dan refresing (Foto: Freepik)

 

MALANG, iNewsMalang.id – Artinya healing terasa begitu penting dan mendadak familiar bagi masyarakat saat ini meski sebagian besar belum paham artinya. Iya, familiar secara emosional tapi susah mengungkapkan dengan kosa kata. Menariknya, ternyata arti healing berbeda dengan arti refresing.

Ketahui Artinya Healing

Menukil tulisan Natalia Bulan, di media Okezone  ( 2/8/ 2022) yang merujuk dari Medical Dictionary dapat diketahui perbedaan arti healing dan refresing.

Artinya healing

- Healing adalah proses membantu seseorang kembali sehat oleh penyedia layanan kesehatan serta persepsi otentik tentang pengalaman penyakit pada orang tertentu adalah dasar yang esensial.

- Healing juga adalah pemulihan ke kondisi mental atau fisik yang normal. Khususnya dari peradangan atau luka. Penyembuhan jaringan biasanya terjadi pada tahap yang dapat diprediksi.

- Sementara dalam psikologis sendiri, artinya healing adalah proses positif, aktif, dan multi dimensi yang diekspresikan oleh individu yang diajak untuk menyembuhkan diri dari pengalaman pribadi, mengatasi penderitaannya, dan mengubahnya menjadi suatu kebutuhan.

- Healing adalah proses pemulihan kesehatan atau pemulihan struktur dan fungsi jaringan yang cedera atau sakit.

Sementara proses healing memakan waktu yang lama karena harus mengolah banyak perasaan seperti sedih, marah, serta emosi negatif lainnya. Hal ini dibutuhkan sikap secara sadar untuk berdamai dengan keadaan.Umumnya, individu akan diajak menghadapi kondisi mental yang sakit sekaligus mengunjungi luka.

Setelah mengetahui artinya healing, kita akan tahu bahwa healing memiliki manfaat seperti kembalinya rasa nyaman, aman, dan sejahtera yang dulu mungkin sempat hilang karena keadaan mental yang kurang baik.

Selain itu, kondisi mental dan manajemen stres pun menjadi lebih baik dan menunjang kondisi fisik yang lebih sehat.

Makna refreshing

Istilah refreshing yang merupakan bahasa Inggris ini  bermakna kekuatan memulihkan kesegaran, vitalitas, dan energi.

Definisi refreshing adalah kegiatan yang mampu memulihkan energi dan kesegaran seseorang dengan waktu yang singkat dan kegiatan yang begitu beragam.

Adapun manfaat refreshing seperti bisa membuat diri sendiri bahagia dan terhindar dari depresi.

Refreshing dapat dilakukan dengan melakukan kegemaran/hobi atau hanya sekadar bertemu dengan teman atau keluarga untuk saling berbagi pengalaman dan cerita.

Refresing dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk masyarakat yang membutuhkan healing.

Demikian penjelasan artinya healing dan refresing yang ternyata memiliki sebab yang cenderung berbeda tapi memiliki konteks akibat/manfaat hampir sama. Di samping itu, Refreshing lebih bersifat umum sedangkan healing untuk golongan masyarakat yang memiliki kebutuhan tertentu.

.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini