get app
inews
Aa Read Next : Profil Agus Subiyanto, Calon Tunggal Panglima TNI yang Kenal Jokowi sejak Wali Kota Solo

Terang Benderang, Capres Prabowo Resmi Umumkan Gibran Cawapres

Minggu, 22 Oktober 2023 | 22:22 WIB
header img
Prabowo umumkan Gibran sebagai Cawapresnya, Minggu (22/10/2023)

MALANG, iNewsMalang.id - Calon presiden (capres), Prabowo Subianto mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) untuk Pemilihan Presiden 2024. Prabowo mengungkapkan bahwa Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo, dan putra sulung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), akan bergabung dengannya dalam pertarungan tersebut. "Setelah keputusan akhir dan bulat, kami telah memilih Prabowo Subianto sebagai calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju untuk periode 2024-2029, dengan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangannya," ungkap Prabowo seperti dilansir Sindonews.com, di kediamannya, Minggu, (22/10/2023).

Ia menyebut bahwa keputusan ini diambil melalui konsensus dari seluruh elite partai politik yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju. Prabowo juga membacakan keputusan ini bersama pemimpin partai politik Koalisi Indonesia Maju. "Saya yakin ini adalah pengumuman yang telah dinantikan semua orang; ini adalah keputusan yang disepakati secara bulat dan konsensus," katanya. Prabowo juga mengungkapkan bahwa ia dan Gibran akan resmi mendaftarkan kandidatur mereka ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada hari Rabu, 25 Oktober 2023.

Di lain pihak, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan kesiapannya untuk menerima segala konsekuensi dari PDIP terkait tawaran dari Partai Golkar. "Saya siap," Gibran dengan singkat menyatakan di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023.

Gibran menyebut bahwa ia telah bertemu dengan pimpinan PDI Perjuangan)sebelum memutuskan menerima tawaran dari Partai Golkar untuk menjadi pesaing dalam pasangan capres-cawapres yang didukung oleh Partai Perindo dengan pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam Pemilihan Presiden 2024. "Saya sudah memberikan jawaban sebelumnya. Saya sudah bertemu dengan Ibu Puan [Puan Maharani, Ketua DPR RI]," ujarnya.

Namun, Gibran memilih untuk tidak memberikan informasi rinci tentang pembicaraan selama pertemuan dengan Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat dan tanggapannya terhadap usulan untuk menjadi pasangan cawapres Prabowo.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut