get app
inews
Aa Read Next : Terang Benderang, Capres Prabowo Resmi Umumkan Gibran Cawapres

Profil Agus Subiyanto, Calon Tunggal Panglima TNI yang Kenal Jokowi sejak Wali Kota Solo

Rabu, 01 November 2023 | 12:25 WIB
header img
Jenderal Agus Subiyanto. Foto:IST/sindonews

JAKARTA, iNewsMalang.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengusulkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Agus Subiyanto, sebagai calon tunggal untuk menggantikan Laksamana Yudo Margono, yang akan memasuki usia pensiun, sebagai Panglima TNI.

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menjelaskan bahwa Presiden Jokowi telah mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk profesionalisme dan kebutuhan strategis pertahanan negara sebelum menentukan Agus Subiyanto sebagai kandidat.

"Presiden memiliki hak prerogatif untuk memilih Panglima TNI, dengan mempertimbangkan berbagai aspek kualifikasi kepangkatan, kepemimpinan, profesionalisme, rotasi antarmatra, serta berdasarkan kebutuhan strategis pertahanan negara," ujar Ari, pada Selasa (31/10/2023).

Ketua DPR, Puan Maharani, telah menerima Surat Presiden (Surpres) yang berisi usulan calon Pengganti Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono. Puan mengumumkan hal ini setelah menggelar sidang paripurna ke-8 Masa Persidangan II Tahun Sidang 2023-2024 pada Selasa (31/10/2023).

Puan menyampaikan, "Pada kesempatan ini saya akan mengumumkan nama calon pengganti Panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Nama yang diusulkan oleh presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto, yang saat ini menjabat sebagai KSAD."

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut