get app
inews
Aa Read Next : Viral Usai Bagi-Bagi 100 Vespa, Inilah Sumber Kekayaan Arief Muhammad

Simak Baik-baik, Ini Dampak Anak Usia Dini Selalu Bermain Gadget

Minggu, 26 November 2023 | 21:53 WIB
header img
Jangan biarkan anak usia dini kecanduan gadget. Begini dampaknya. (foto Ist/iNews Network)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Kasus anak bunuh diri gara-gara hanphonenya disita di Pekalongan, Jawa Tengah, menjadi pelajaran bagi orang tua. Mereka harus mengontrol penggunaan gadget sejak usia dini. Sebab ada fakta yang mengejutkan apabila ada anak-anak usia dini sering bermain gadget. 

Anak-anak yang kecanduan gadget dapat mengakibatkan delay speech atau keterlambatan dalam bicaranya? Kepala Sekolah RA AL AZHIIM, Neneng Kartina, Spd. I mengatakan, anak yang kecanduan gadget memang dapat berpengaruh terhadap perkembangannya. "Jadi gaya bicaranya beda dari yang lain, seperti robot," ujar Neneng dikutip dari Okezone, Minggu (26/11/2023).

Menurut dia, tidak haya gaya bicara, tapi juga tingkah laku dan sikap sehari-hari dari anak itu juga ikut berpengaruh akibat kecanduan gadget. Permasalahan tersebut ada kaitannya dengan pola asuh orang tuanya. Anak-anak diberikan begitu saja gadget tanpa berpikir dampak ke depannya seperti apa. "Kadang orang tuanya juga yang suka ngasih (gadget)," ujar Neneng. 

Dia mengingatkan bahwa keterlambatan tersebut menjadi masalah cukup besar ketika anak itu di sekolah. Sehingga mengganggu proses pembelajaran yang seharusnya cepat diserap oleh anak muridnya.

Neneng mengimbau, supaya para orang tua lebih berhati-hati dalam memberikan sesuatu kepada anak-anak. Sebab masa usia spesial adalah masa-masa penting dan tidak akan terulang lagi."Memperhatikan anak di usia spesial itu penting. Karena masa itu tidak akan terulang lagi," terangnya.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut