get app
inews
Aa Read Next : Inilah Jurus Jitu Shin Tae-yong di Piala Asia U-23, Target Selanjutnya Kalahkan Uzbekistan

Ada Tebing Longsor 50 Meter, 16 Perjalanan Kereta Api Dialihkan ke Utara-Selatan

Selasa, 05 Desember 2023 | 09:53 WIB
header img
Tim gabungan berjibaku upayakan pembersihan material longsor dan patroli di wilayah terdampak longsor di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah pada Senin (4/12/2023) malam. (BPBD Kabupaten Banyumas/BNPB)

JAKARTA, iNewsMalang.id  – Tim gabungan membersihkan material longsor yang menutupi jalur rel kereta api antara Stasiun Karanggandul – Karangsari KM 340 + 100 di Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tanah longsor ini terjadi pada Senin (4/12) pukul 02.00 WIB. Akibat longsor sepanjang 50 meter ini, sebanyak 16 perjalanan kereta api dipindahkan ke jalur utara dan selatan. 

Melansir laman Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), hingga Senin (4/12) pukul 23.55 WIB, tim gabungan masih berupaya membersihkan rel yang tertutup tanah agar perjalanan kereta api normal kembali. Tim mengerahkan sebanyak 5 unit alat berat dan kereta lori satu unit juga diterjunkan ke lokasi terdampak sejak Senin pagi. Tim gabungan juga memperbaiki satu menara sutet yang dilaporkan alami longsor pada bagian pondasi.

Hasil kaji cepat menyatakan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini. Tim Gabungan masih lakukan patroli dan pemantauan mengantisipasi dampak dari potensi susulan longsor. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Banyumas dan sebagian wilayah Provinsi Jawa Tengah antara siang atau sore hingga malam hari pada hari Rabu (6/12/2023) dan Kamis (7/12/2023).

Mengingat sebagian wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan, BNPB)mengimbau kepada pemerintah daerah agar waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan khususnya pada perlintasan rel kereta api yang rawan longsor atau berada di sekitar tebing dan bukit. Antara lain memonitoring secara berkala sepanjang lereng perbukitan, melakukan penguatan tebing dengan betonisasi dan mitigasi berbasis vegetasi menanam pohon berakar kuat yang bisa menahan longsoran. 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut