get app
inews
Aa Read Next : Jannaka Foundation Salurkan Bantuan Untuk Korban Banjir Malang Selatan

Usai Bumiaji Diterjang Banjir, Simak Wilayah Rawan Bencana di Kota Batu

Sabtu, 09 Desember 2023 | 15:24 WIB
header img
Peta Rawan Bencana Kota Batu. Foto:PPID

BATU, iNewsMalang.id Banjir akibat luapan sungai Paron menerjang kawasan Dusun Beru, Desa Bumiaji, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jumat (8/12/2023). Selain bencana akibat luapan sungai, Kecamatan Bumiaji berdasarkan data PPID Kota Batu, sejatinya merupakan kawasan rawan tanah longsor.

Desa yang merupakan rawan bencana longsor di antaranya, Bumiaji, Tulungrejo, Sumber Brantas. Tiga Kawasan ini diberi tanda merah sebagai tanda rawan longsor sangat tinggi. Wilayah rawan longsor lainnya berada di Kecamatan Batu. Desa yang ditandai warna merah antara lain, Gunungsari, Songgokerto, dan Pesanggrahan. Masyarakat yang tinggal di Kawasan ini sebaiknya mewaspadai potensi bencana tanah longsor.

Sewaktu-waktu bencana bisa datang dalam sekejap karena musim penghujan sudah tiba. Seperti detik-detik banjir bandang sungai Paron di Desa Bumiaji. Dalam rekaman video milik warga, air mengalir deras membawa meterial lumpur hingga bongkahan kayu.

"Siang tadi jam setengah tiga di Jalan Cemara. (Jalan) tertutup air dan lumpur dari Sungai ParoN," kata warga Bumiaji, Sugeng, Jumat (8/12/2023). Kasi Kedaruratan BPBD Kota Batu Doddy Fatturachman membenarkan informasi adanya luapan air Sungai Paron hingga mengakibatkan jalan tergenang. Air yang meluber ke jalan, diduga akibat saluran air yang mampet oleh sampah. "Saluran air di Sungai Paron meluap, karena tersumbat kotoran sampah, sehingga meluap ke jalan," kata Doddy Fatturachman dikonfirmasi terpisah.

Banjir luapan Sungai Paron itu hanya sesaat dan sudah surut. Bahkan, saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kota Batu dibantu kepolisian, TNI, beberapa elemen masyarakat telah bekerjasama untuk membersihkan material lumpur yang menutupi jalan.
 


 

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut