get app
inews
Aa Read Next : Mayat Perempuan Hamil Muda Ditemukan Gosong, Diduga Kuat Dibunuh dan Dibakar untuk Hilangkan Jejak

Hamil Sebelum Telat Haid, Diantara Ciri-Cirinya Mudah Lelah hingga Timbul Flek

Selasa, 29 Maret 2022 | 10:29 WIB
header img
Hamil Sebelum Telat Haid, Diantara Ciri-Cirinya...(Foto: Ilustrasi)

JAKARTA, iNewsMalang.id- Umumnya perempuan tidak menyadari ciri-ciri hamil sebelum telat haid. Mereka merasa hal wajar jika telat haid, apalagi jika sedang kelelahan atau stres.

Dilansir dari berbagai sumber, ciri-ciri hamil sebelum haid bisa dicek dengan test pack. Alat ini paling akurat untuk mengetahui Anda hamil atau tidak. Gejala kehamilan sendiri bervariasi pada setiap perempuan. Ada yang mengalami gejala umum seperti mual atau tidak sama sekali.

Ciri-Cirinya

Ciri-ciri hamil sebelum telat haid yang dilansir dari berbagai sumber, Selasa (29/3/2022):

1. Payudara atau puting yang lembut dan bengkak.  Ciri-ciri hamil sebelum telat haid mungkin bisa kelihatan pada rentang waktu 1 hingga 2 minggu setelah pembuahan. Perubahan hormon bisa membuat payudara terasa perih atau bahkan kesemutan. Payudara juga terasa lebih penuh atau lebih berat.  2. Kelelahan  Ciri-ciri hamil sebelum telat haid Ada juga yang merasa lebih lelah karena tubuh mereka memproduksi lebih banyak hormon yang disebut progesteron. Hormon ini membantu menjaga kehamilan dan mendorong pertumbuhan kelenjar penghasil susu di payudara.
 

3. Mual atau muntah Gejala ini dapat dimulai dari 2 hingga 8 minggu setelah pembuahan dan dapat berlanjut selama kehamilan. Biasanya disebut sebagai "morning sickness", itu sebenarnya dapat terjadi kapan saja di siang hari. 

4. Sedikit berdarah Ciri-ciri hamil sebelum telat haid menurut sebuah penelitian menunjukkan 25 persen ibu hamil mengalami sedikit pendarahan atau flek. Warna flek lebih terang dari darah menstruasi normal. Biasanya terjadi pada saat implantasi sel telur yang telah dibuahi (sekitar 6 sampai 12 hari setelah pembuahan), tetapi umum terjadi pada 12 minggu pertama kehamilan.

Itulah 4 ciri-ciri hamil sebelum telat haid. Namun untuk memastikan kondisi kesehatan reproduksi, harus menemui penyedia layanan kesehatan jika memang Anda curiga hamil. iNews Malang

 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut