get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia U-23 Mencetak Sejarah dengan Lolos ke Semifinal Piala Asia U-23

Pernikahan Beda Usia Jauh, Benarkah Berdampak pada Kehidupan Seks dan Pasangan Lebih Cepat Menua?

Selasa, 05 April 2022 | 08:55 WIB
header img
Hak siapapun untuk menikah beda usia jauh, namun perlu diketahui dampak seriusnya agar tidak salah solusi (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Pernikahan beda usia jauh, bahkan terpaut sampai 10 tahun atau lebih merupakan suatu hal yang wajar. Karena sejatinya setiap individu berhak untuk memilih siapa pun untuk menjadi pasangan hidupnya. 

Keputusan menikah dengan pasangan yang berbeda usia jauh baik lebih muda maupun tua tentu saja merupakan suatu keputusan besar. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Institut Ekonomi Tenaga Kerja (IZA) di Jerman, menyebutkan seiring berjalannya waktu orang-orang yang menikah dengan pasangan yang jauh lebih tua atau lebih muda cenderung mengalami penurunan kepuasan pernikahan

Kenyataan itu dapat dirasakan dari waktu ke waktu dibandingkan dengan mereka yang menikah dengan pasangan yang seumuran. 

Dilansir dari dari berbagai sumber, Selasa (5/4/2022), berikut sejumlah dampak yang akan mungkin dihadapi jika menikah dengan seseorang yang terpaut usia cukup jauh:

1. Bahan perbincangan tetangga 

Ada kemungkinan pernikahan beda usiah jauh memang kerap menjadi topik hangat di kalangan orang-orang sekitar pengantin termasuk tetangga. Akan muncul rumor yang tak enak didengar terkait sang pengantin

Seolah mereka selalu punya rasa penasaran dengan dibalik hubungan pasangan yang usianya terpaut jauh tersebut. Orangtua dari kedua pengantin pun juga akan menghadapi pertanyaan-pertanyaan serupa. 

2. Permasalahkan jarak usia saat hadapi situasi kritis

Wajar bila dalam rumah tangga dituntut menghadapi suituasi kritis bersama dengan pasangan. Akan tetapi, jika pasangan yang usianya terpaut jauh lebih tua atau lebih muda seiring berjalannya waktu akan menghadapi masalah tersebut dengan menyalahkan perbedaan usia yang ada. 

Ada kecenderungan akan muncul titik keraguan dalam hubungan tersebut yang mungkin akan menyalahkan jarak usia yang jauh sebagai faktor terbesar dari masalah pernikahanmu.   Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Institut Ekonomi Tenaga Kerja (IZA) di Jerman hal ini kerap terjadi ketika menghadapi krisis ekonomi atau keuangan. 

3. Muncul masalah ketidakcocokan

Ketika menikah dengan seseorang yang usianya terpaut jauh lebih tua atau lebih muda maka akan semakin besar kemungkinan menghadapi masalah ketidakcocokan. Pasalnya, adanya perbedaan usia yang jauh maka akan ada pola pikir dan tipe penyelesaian masalah dalam pernikahan yang jauh berbeda. 

Tak hanya itu, masing-masing juga kemungkinan akan memiliki ekspektasi hidup yang berbeda dalam sebuh pernikahan. Dalam hal ini akan terlihat perbedaan prioritas antara pasangan yang lebih tua jauh memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam pernikaha, sedangkan yang lebih muda akan cenderung lebih bebas. 

4. Pasangan akan lebih cepat menua 

Perbedaan usia tanpa disadari juga akan berdampak pada penampilan. Pasangan akan jauh lebih cepat menua dengan terefleksikan lewat penampilanya yang sangat berbeda dengan pasangannya yang lebih muda. Hal tersebut akan menimbulkan segudang pertanyaan dari orang sekitar. 

5. Masalah kehidupan seks  

Masalah lainnya yang akan ditemui adalah ketika menghadapi urusan ranjang. Ketika menikahi pasangan yang terpaut lebih tua, akan cenderung tidak memiliki tingkat energi dengan yang masih muda. 

Semua itu dapat berdampak pada kehidupan seksual sang pasangan yang merasa tidak mendapatkan kepuasan seksual yang diinginkan kerena stamina pasangannya yang tidak maskimal. Masalah ini juga dapat menyebabkan hubungan pun menjadi semakin tidak harmonis.

iNews Malang

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut