get app
inews
Aa Read Next : Tiga Orang Jemaah Haji Indonesia Yang Meninggal Dunia di Tanah Suci

Ahmad Dhani mulanya dari Anak Band hingga Jadi Produser Musik Sukses, Simak Perjalanannya

Rabu, 06 April 2022 | 14:22 WIB
header img
Dibalik popularitasnya, Ahmad Dhani mengisahkan perjalanannya (Foto: Dok MPI)

JAKARTA, iNewsMalang.idAhmad Dhani Prasetyo dikenal lewat band legendaris Dewa 19. Karya-karyanya sudah digemari para penikmat musik Tanah Air sejak era 1990-an. 

Bakat musik suami Mulan Jameela ini memang sudah bergejolak sejak duduk di bangku SMP Negeri 6 Surabaya. Dhani remaja bersama 3 kawannya, Andra Junaidi, Erwin Prasetya, dan Wawan Juniarso mendirikan band Dewa pada 1986.

Ternyata Begini Respons Anak Ahmad Dhani Mengawali dengan jalur rock, Dhani CS sempat menjajal genre jazz yang kemudian merubah nama band menjadi Downbeat. Bersama grup band ini, Dhani sempat menjuarai beberapa perlombaan, salah satunya Festival Jazz Remaja se-Jawa Timur. 

Dhani kembali kepada akar rock di bawah bendera Dewa 19 dengan tambahan Ari Lasso yang mengisi vokal. Mereka hijrah ke Jakarta pada 1991 untuk mencari label rekaman.  : Harga Nasi Goreng Bikin Kantong Jebol Setelah sempat ditolak beberapa label, usaha Dewa 19 membuahkan hasil.

Band ini melejit lewat sejumlah hit seperti Kangen dan Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi hingga dianugerahi sebagai band pendatang baru terbaik dengan pencapaian Album Terlaris 1993. Once Mekel pun sempat menggantikan posisi Ari Lasso sebagai vokalis sejak 1999. Meski kemudian beberapa kali mengalami gonta-ganti personel, band ini tetap eksis di blantika musik Tanah Air hingga kini. 

Kesuksesan Dewa 19 ini tak membuat Dhani berpuas diri. Dia terus mengembangkan kreativitasnya sebagai musisi dengan menjajal peran produser musik yang melahirkan banyak artis besar.  Pada 1997, Dhani sukses mengorbitkan penyanyi R&B Reza Artamevia dengan memproduseri 2 albumnya, Keajaiban (1997) dan Keabadian (1999).

Dan akhirnya, dia mulai sering memproduseri artis lain seperti Krisdayanti, Denada, Tere, dan Agnez Mo.  Pengalamannya menjadi produser musik membuat Dhani melirik peluang yang lebih besar dengan mendirikan Republik Cinta Management (RCM). Menaungi beberapa artis bentukannya seperti Mahadewa, Mahadewi, The Rock, T.R.I.A.D, The Virgin, dan The Lucky Laki, yang beranggotakan 3 anak lelakinya. 
iNews Malang

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut