get app
inews
Aa Read Next : Inovasi Daun Kelor Jadi Permen Jelly, Tim Riset Madrasah Ini Juara Ajang Internasional

FT UI Juara Pertama Lomba Desain Jembatan NTU Singapura, Lokasi dengan Kesulitan Tiinggi

Kamis, 21 April 2022 | 13:34 WIB
header img
FT UI meraih Juara Pertama Lomba Desain Jembatan Internasional (Foto: Dok/Humas UI)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Akhirnya mampu menyisihkan 94 tim dari negara lain, tim Henka Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) meraih Juara Pertama pada ajang Bridge Design Competition di Nanyang Technology University (NTU), Singapura .

Adapun 94 tim tersebut berasal dari Singapura, Indonesia, Malaysia, Vietnam, Mesir, India, dan tuan rumah dari Nanyang Technology University (NTU), Singapura. Tim Henka terdiri dari tiga mahasiswa Departemen Teknik Sipil angkatan 2019, yaitu Peter Hartono Halim, Ruben Agustinus Chesin, dan Antonio Novandy. NTU Bridge Design Competition merupakan lomba rancang jembatan berdasarkan suatu studi kasus yang ditentukan panitia.

Komponen penilaiannya mempertimbangkan desain jembatan, metode konstruksi efektif, meminimalisasi kerusakan lingkungan, manajemen konstruksi, dan pemahaman kondisi daerah kerja agar proses konstruksi dan jembatan tidak mengganggu kenyamanan sekitar. Selama 28 Februari 2022-2 April 2022, Tim Henka melewati 3 tahap kompetisi, yakni babak penyisihan, babak final, dan presentasi akhir. 

“Studi kasus yang dihadapi oleh Tim Henka FTUI adalah merancang jembatan di Choa Chu Kang North 6 dan Woodlands Road. Lokasi ini memiliki kesulitan tersendiri dimana kontur tanah daerah tersebut tidak seragam serta adanya jalur pejalan kaki dan drainase yang tidak boleh dirusak,” kata Ketua Tim Henka Peter, melalui siaran pers, Kamis (21/4/2022).

“Selain itu, faktor kesulitan lainnya adalah kondisi eksisting bangunan di sekitar lokasi pembangunan, sehingga perlu dipertimbangkan metode konstruksi yang tidak mengganggu bangunan-bangunan tersebut,” tambahnya. iNews Malang
 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut