get app
inews
Aa Read Next : KPK: Laporan Gratifikasi Lebaran 373 Kasus, Total Senilai Rp240 Juta

Yuk, Nobar! 10 Film Lebaran Sedih Tema Keluarga

Senin, 02 Mei 2022 | 15:12 WIB
header img
Momen lebaran perlu diisi dengan sajian film yang mendukung introspeksi diri (Foto: celebrities.id)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Tak bisa dipungkiri, lebaran pasti menantikan hiburan yang menemani kala waktu berkumpul keluarga. Hal itu karena, banyak film sedih yang pastinya cocok untuk menikmatinya bersama keluarga saat lebaran.

Sajian film bertemakan keluarga dan kesedihan, pasti akan membuat rasa ingin meminta maaf satu sama lain semakin muncul. Dengan begitu, kebersamaan akan terasa lebih hangat.

Selain itu, banyak juga film dengan rating baik karya dari anak dalam negeri dan juga mancanegara. Melansir dari berbagai sumber, Senin (25/4/2022), berikut adalah 10 film lebaran sedih dengan tema keluarga.

1. Keluarga Cemara

Diawali dengan cerita Keluarga Cemara lebih dulu tenar lewat novel yang ditulis oleh Arswendo Atmowiloto. Cerita ini kemudian diangkat menjadi sebuah sinetron pada tahun 1996 hingga 2005.

Hingga akhirnya, 2019 lalu Visinema Pictures mengangkat kisah Keluarga Cemara menjadi film layar lebar. Film Keluarga Cemara mendapat arahan langsung oleh sutradara Yandy Laurens.

Film ini menceritakan kisah keluarga kaya yang tiba-tiba menjadi miskin dan harus berjuang keras untuk bertahan hidup. Pemeran bertabur bintang kenamaan seperti Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Adhisty Zara, dan Widury Sasono.

2. Mencari Hilal

Awal dirilis pada 2015, film ini mendapatkan peran dari aktor Deddy Sutomo, Oka Antara, dan Torro Margens. Film berdurasi 94 menit mengisahkan Mahmud yang merupakan pendakwah harus menelan rasa sakit hati.

Lantaran, mendengar isu sidang isbat Kementerian Agama menelan dana hingga Rp 9 miliar. Hanya untuk menentukan hilal atau kapan tepatnya lebaran tiba.

Karena hal tersebut, akhirnya membuat Mahmud teringat dengan tradisi mencari hilal, biasa dilakukan pesantrennya yang telah bubar puluhan tahun lalu. Bersama anaknya, Heli ingin membuktikan pada semua orang bahwa mereka bisa menemukan hilal tanpa biaya besar.

3. Hadiah Lebaran Untuk Ayah

Selanjutnya, adalah film sedih bertajuk Hadiah Lebaran Untuk Ayah. Dalam film ini, akan mengajarkan kita bahwa sangat penting memberi sesuatu untuk orangtua.

Meskipun, barang tersebut tergolong dengan harga terjangkau dan murah. Akan tetapi, bagi orangtua akan terasa sangat berharga.

4. Ketupat Terakhir

Nah, lain lagi dengan film ini yang mengisahkan seorang perempuan bernama Mak Nen menunggu kedatangan anak tunggalnya yaitu Rahim. Diketahui, Rahim itu sudah tidak pulang selama bertahun-tahun ke kampung halamannya, walau saat hari lebaran.

Rahim berubah setelah menikah dan menjadi bos di perusahaan sang istri. Istrinya, tidak terlalu sayang terhadap Mak Nen sebagai mertuanya.

Bahkan, rencananya istri Rahim berniat untuk lebaran di Paris. Sedangkan, Mak Nen menanti Rahim di rumah dengan penuh kerinduan.

5. Sabtu Bersama Bapak

Lanjut lagi dengan film Sabtu Bersama Bapak yang diangkat dari novel karya Adhitya Mulya. Film ini mendapat arahan produksi oleh Max Picture dan disutradarai oleh Ody Mulya Hidayat.

Sabtu Bersama Bapak itu berkisah tentang sosok ayah yang memiliki keinginan kuat untuk mendampingi anak-anaknya. Sosok bapak yang diperankan oleh Abimana Aryasatya ini divonis menderita kanker dan berakhir hanya bisa mengabadikan video untuk anak-anaknya.

6. Emak Ingin Naik Haji

Sejak dirilis tahun 2009 lalu, film Emak Ingin Naik Haji memang kerap tayang di televisi untuk menjadi hiburan lebaran. Film ini diangkat dari cerpen karya Asma Nadia.

Dibintangi oleh Aty Cancer Zein, Reza Rahadian, hingga Didi Petet, film ini mengisahkan sosok Emak yang ingin sekali pergi haji. Namun, karena tak memiliki biaya untuk mewujudkan impiannya, anaknya yang bernama Zein, yang merupakan duda juga tak bisa banyak membantu karena mengendalakan berjualan lukisan keliling.

7. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCHTI)

Berawal dari buku NKCTHI yang berisi kumpulan tulisan dan pesan pendek.  Akhirnya, Visinema Pictures mengadaptasi ke layar kaca melalui arahan sutradara Angga Dwimas Sasongko dengan judul yang sama.

Film NKCTHI mengisahkan sebuah keluarga yang terlihat harmonis, tapi memiliki masalah yang kompleks. Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara Aisha), dan Awan (Rachel Amanda), merupakan tiga anak yang mendapat perlakukan berbeda dari sang Ayah (Donny Damara).

8. Wonder

Selanjutnya, ada film dari luar negeri yang diangkat dari novel best seller karya R.J. Palacio dengan judul yang sama. Wonder disutradarai oleh Stephen Chbosky dan dibintangi oleh Julia Roberts, Owen Wilson, Jacob Tremblay, Noah Jupe, Izabela Vidovic, Mandy Patinkin, dan Daveed Diggs.

Wonder sendiri mengisahkan seorang anak laki-laki bernama August Pullman (Jacob Tremblay) yang mengidap sindrom langka yakni kelainan bentuk wajah. August harus menjalani 27 kali operasi agar dapat melihat, berbicara dan mendengar.

9. Gifted

Film sedih bertama keluarga berikutnya adalah Gifted. Film drama arahan sutradara Marc Webb dan penulis cerita Tom Flynn ini mengisahkan seorang pria bernama Frank Adler (Chris Evans) yang harus bertanggung jawab mengasuh keponakannya Mary (McKenna Grace).

Mary dianugerahi kepintaran dalam matematika hingga mampu menyelesaikan soal matematika sulit. Kepintarannya ini membuat Mary tidak memiliki teman di sekolah dan hanya bermain dengan Frank, pamannya.

10. I am Sam

Terakhir adalah film drama yang mendapat arahan sutradara Jessie Nelson dan dirilis pada tahun 2001 lalu. Meskipun sudah berusia lebih dari dua dekade, film I Am Sam masih mengandung nilai-nilai yang relevan dengan kondisi saat ini dan juga sangat inspiratif.

I am Sam dibintangi oleh Sean Penn, Dakota Fanning, Michelle Pfeiffer, Dianne Wiest, Loretta Devine, Richard Schiff, dan Laura Dern. Mengisahkan tentang Sam, seorang ayah disabilitas yang mengidap masalah mental dan memiliki IQ yang sama dengan anak berusia tujuh tahun.

Dalam kondisi disabilitas Sam harus membesarkan anak perempuan satu-satunya bernama Lucy (Dakota Fanning). Dengan penuh tenaga dan upaya maksimal, Sam mengasuh Lucy seorang diri. iNews Malang

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut