get app
inews
Aa Read Next : Blak-blakan Tak Bisa Nikahi Ayu Ting Ting, Ivan Gunawan Beralasan Belum Prioritas

Kanker Usus, Penyakit yang Menyebabkan Ibunda Kiki Farrel Meninggal. Berikut Ulasannya

Kamis, 12 Mei 2022 | 17:24 WIB
header img
Kanker usus menjadi penyebab meninggalnya Mama dahlia, ibunda Kiki Farrel (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsMalang.id  - Mengejutkan, kabar duka datang dari aktor Kiki Farrel, di mana sang Ibunda, Mama Dahlia mengembuskan napas terakhir setelah mengidap kanker usus selama beberapa tahun terakhir.

Sebenarnya apa gejala dan bagaimana penyebab kanker usus seperti yang diderita ibunda Kiki Farrel?

Kanker usus adalah jenis kanker yang biasanya berkembang dari usus besar atau muara akhir saluran pencernaan. Bahayanya, saat belum berkembang gejala kanker usus sering tak disadari.

Dilansir dari Healthline pada Kamis (12/5/2022), ada beberapa faktor yang dapat memicu kanker usus diantaranya yakni faktor usia, genetik, gaya hidup, dan riwayat penyakit.

Menurut data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), banyak penderita kanker usus didominasi oleh orang yang merokok, kurang berolahraga dan peminum alkohol.

Selain itu, penyakit kanker usus merupakan jenis kanker paling umum ketiga di Amerika Serikat. Sekitar satu dari 23 pria dan satu dari 25 wanita berisiko terkena kanker usus selama hidup mereka.

Berikut gejala awal kanker usus besar yang tidak boleh diabaikan dan wajib diwaspadai:
1. Penurunan berat badan secara drastis.
2. Sembelit.
3. Perubahan warna tinja.
4. Diare.
5. Pendarahan dalam tinja.
6. Buang angin secara berlebihan.
7. Kram perut.

Gejala lainnya yang juga bisa disebabkan oleh kanker usus bisa juga seperti kurang serius pada beberapa hal. Namun, jika ingin mengetahui lebih lanjut, ada baiknya untuk menemui dokter jika kamu mengalami gejala-gejala tersebut yang dirasa selama lebih dari satu atau dua minggu.

Kemudian, diagnosis dini kanker usus juga memberi peluang terbaik untuk dapat menyembuhkannya. Karena kanker usus sering tidak menunjukkan gejala pada tahap awal namun sering terdeteksi selama pemeriksaan rutin.

Itu sebabnya, Satuan Tugas Layanan Pencegahan AS  merekomendasikan skrining kanker usus mulai dari usia 45 tahun. Mengingat orang yang lebih muda rentan didiagnosis menderita kanker usus.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut