get app
inews
Aa Read Next : Tiga Orang Jemaah Haji Indonesia Yang Meninggal Dunia di Tanah Suci

Desa Sinden Dikelilingi Tujuh Sendang di Jombang, Ikuti Rekam Jejaknya

Minggu, 05 Juni 2022 | 14:27 WIB
header img
Desa Sinden atau Sendang Made memiliki rekam jejak perkampungan. Konon, menjadi tempat persembunyian Raja Airlangga (Foto: Youtube asli Mojokerto)

JOMBANG, iNewsMalang.id -  Desa Sinden memiliki nama lain Sendang Made, merupakan peninggalan sejarah yang ada di Desa Made, Kecamatan Kudu, Jombang. Sendang Made diyakini memiliki tuah karena konon menjadi tempat persembunyian Raja Airlangga.

Vefy Irawati selaku jupel Situs Kudu menjelaskan bahwa Sendang Made menjadi satu petilasan Raja Airlangga bersama permaisuri dan para dayang ketika dikejar pasukan Prabu Wora-Wari lalu diselamatkan Prabu Narotama hingga akhirnya menyepi beristirahat di Sendang Made.

"Di sini menjadikan suatu padepokan yang kemudian diberi nama sendang Made, karena Airlangga memang dari Bali. Sendang Made dijadikan tempat persembunyian untuk melarikan diri dari pasukan Wora Wari pada waktu itu," kata Vefy Irawati di YouTube Asli Mojokerto, Minggu (5/6/2022).

Adapun diberi nama sebagai Desa Sinden, lantaran saat pelarian, permaisuri dan para dayang menyamar sebagai sinden dan yang laki-laki sebagai penabuh gendang.

"Mereka juga menyamar, yang perempuan pesinden karena itulah sendang Made disebut juga sendang sinden," ucap Vefy.

Terdapat tujuh sendang berdekatan di areal Sendang Made ini, di antaranya Sendang Pomben, Sendang Pengilon, Sendang Condong, Sendang Drajat, Sendang Widodaren, Sendang Sumber Payung dan Sendang Gede. iNews malang

 

 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut