get app
inews
Aa Read Next : Unggah Foto Peti Jenazah Eril dan Desain Pemakamannya, Ridwan Kamil Telah Siapkan Tempat Istimewa

Fakta Hilangnya Eril hingga Ditemukan, Dimakamkan Senin 13 Juni 2022

Jum'at, 10 Juni 2022 | 18:58 WIB
header img
Beberapa fakta tentang hilangnya Eril hingga ditemukan (Foto: celebrities.id)

JAKARTA, iNewsMalang.id Ditemukan Fakta tentang hilangnya Eril hingga polisi berhasil menemukan jasadnya di Bendungan Engehalde Bern membuat netizen penasaran. Pasalnya, kabar ditemukannya jenazah putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu telah dikonfirmasi kepolisan Bern, Swiss.

Seperti diketahui, pria yang memiliki nama asli Emmeril Kahn Mumtadz itu dinyatakan hilang setelah terseret arus deras Sungai Aare pada Kamis, 26 Mei 2022. Sebelum hilang, Eril diketahui berenang bersama sang adik dan kawannya. 

Berdasarkan informasi, setelah 14 hari melakukan  pencarian, jenazah Eril ditemukan pada Rabu, 8 Juni pukul 06.50 pagi waktu Swiss atau sekira pukul 11.50 WIB. 

Setelah ditemukan, tim spesialis polisi maritim dari Kepolisian Bern melakukan tes DNA dan evakuasi sesuai prosedur yang berlaku tim forensik.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku bersyukur karena jenazah putra sulungnya berhasil ditemukan. Suami Atalia Praratya itu pun mengaku jika kini merasa tenang.

Dilansir dari berbagai sumber, Jumat (10/6/2022), berikut fakta hilangnya Eril sampai akhirnya di temukan yang telah dirangkum oleh celebrities.id.

Fakta Hilangnya Eril Sampai Akhirnya di Temukan

1. Berangkat ke Swiss untuk Mencari Kampus

Seperti diketahui, Eril merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB)  Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara. Setelah lulus, Eril berangkat ke Swiss bersama dengan ibu dan adiknya dalam rangka mencari kampus untuk melanjutkan pendidikan S2. 

2. Hilang di Sungai Aare

Setelah mencari berbagai pilihan kampus untuk jenjang S2, Eril bersama sang adik dan kawannya mengunjungi sungai Aare dan juga memutuskan berenang di sungai tersebut. 

Namun, saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras. Diceritakan juga, sebelumnya dia sempat mendapat bantuan dari kawannya. Tetapi, putra sulung Ridwan Kamil itu kembali terbawa arus, hingga akhirnya dinyatakan menghilang di sungai Aare. 

3. Sempat Teriak Help

Saat terseret arus deras sungai Aare, Eril sempat berteriak help atau minta tolong. Rupanya,  teriakan help tersebut terdengar oleh warga Swiss yang ada di pinggiran sungai dan langsung menghubungi pihak kepolisian.

Fakta hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz hingga ditemukan

4. Tim SAR Melakukan Pencarian

Setelah 15 menit mendapat laporan bahwa Eril  hilang terseret arus sungai Aare di Kota Bern, pihak kepolisian Bern langsung melakukan pencarian  di Sungai Aare dengan menggunakan drone bawah air untuk mendeteksi suhu tubuh dan juga menggunakan perahu boat untuk menyisir area darat tepian sungai.

5. Lokasi Jenazah Eril Ditemukan

Setelah melakukan pencarian berhari-hari dengan berbagai metode,  akhirnya Eril di temukan di Bendungan Engehalde sudah dalam keadaan meninggal dunia. 

Perlu diketahui, bendungan Engehalde pertama kali berdiri pada 1 November 1909 yang berada di sungai Aare. Selain itu, bendungan Engehalde  memiliki tiga pintu air yang difungsikan untuk pembangkit listrik. Dengan kondisi air yang jernih dan menjadi salah satu titik penting dalam pencarian korban tenggelam di Sungai Aare, Eril berhasil ditemukan.

6. Telah Dilakukan Tes DNA

Pada Kamis, 9 Juni 2022, pihak Kepolisian Bern telah menyampaikan konfirmasi bahwa telah melakukan tes DNA. Diketahui, dari  hasil tes DNA yang dilakukan, kepolisian Bern menyatakan jasad yang ditemukan itu adalah benar jenazah Eril.

Selanjutnya,  pihak kepolisian akan melaksanakan proses penyerahan jenazah pada pengadilan kota Bern. Selain itu, Istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya juga telah mengkonfirmasi  lewat Instagram Story bahwa hasil DNA yang sudah dinyatakan sesuai dengannya. 

7. Jenazah Eril Dimakamkan pada Senin

Dalam unggahan Ridwan Kamil di Instagram pribadinya, dia menginformasikan bahwa jenazah Eril kemungkinan akan tiba di Indonesia pada Minggu, 12 Juni 2022. Sementara, pemakaman Jenazah Eril akan dilakukan pada Senin, sehari setelah kedatangan.

Itulah fakta hilangnya Eril sampai akhirnya di temukan. Nantikan terus informasi lainnya hanya di celebrities.id.iNews Malang

 

Editor : Arif Handono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut