Ratusan Warga Pakis, Kabupaten Malang, Antar Pemakaman Petinju Hero Tito

Avirista Midaada
Foto semasa hidup Hero Tito. Instagram

MALANG, iNewsMalang.id - Jenazah Hero Tito, disemayamkan di Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Sejak Jumat pagi (4/3/2022), ratusan pelayat dari kerabat dekat rekan Hero Tito datang ke rumah duka di RT 3 RW 3 Desa Banjarejo. Jenazah dimakamkan dan didoakan oleh beberapa keluarga, kerabat, dan rekan. Sejumlah petinju juga memberikan penghormatan terakhir kepada petinju yang memiliki nama lengkap Heru Purwanto tersebut.

Jenazah petinju nasional ini dikebumikan di tempat pemakaman umum (TPU) Dusun Sindurejo, Desa Banjarejo, sekitar pukul 08.00 WIB. Isak tangis pecah mengiringi langkah jenazah petinju yang meninggal di usia 36 tahun ini.


Prosesi pemakaman Hero tito. Ada satu cita-cita Hero Tito yang belum tercapai, dia ingin main di Australia dan merampungkan pembangunan rumah. FOTO: Avirista Midaada/MNC Media

Kakak kandung Hero Tito, Siswanto mengaku pihak keluarga termasuk orang tuanya telah mengikhlaskan kepergian Heru Purwanto. Ia bercerita sosok Hero di mata keluarga dan tetangga sekitar rumahnya dikenal sabar, sopan, dan gemar berbagi. "Sangat baik, sangat sopan sama kakak, sama adik, ibu orang tua, keluarga. Orangnya sabar, disiplin baik hati di Jakarta pun orang-orang bilang juga orang baik," kata Siswanto saat ditemui MNC Portal Indonesia (MPI) di kediamannya.

Menurut Siswanto, adiknya sudah mengenal tinju sejak Heru Purwanto berusia 11 tahun atau saat yang bersangkutan duduk di bangku sekolah kelas 5 Sekolah Dasar (SD). Saat itu, Siswanto yang mengenalkan olahraga tinju ke adiknya. Sebab dari saudaranya dan sekeluarga, hanya Siswanto dan Hero Tito yang menjadi petinju. "Dia terinspirasi dari saya, belajar sendiri pertama kali belajar sendiri, saya juga petinju latihan di Jaguar. Waktu itu dia ikut, tapi Heru ini pertama latihan pelatihnya Yaniati dulu," terangnya.

Sejak kecil hingga saat di akhir hidupnya, Siswanto juga yang selalu diajak Hero untuk pijat setiap kali selesai latihan tinju. Memori ini disebut Siswanto cukup membekas diingatannya, apalagi ia dan adik kandungnya ini memiliki kedekatan sebagai sesama atlet tinju. "Biasanya kalau habis latihan ngajak pijet. Bagi saya nggak saya lupakan. Terharu kalau lihat kondisi saat ini," katanya.

Sementara itu satu keinginan dan impian Hero yang belum terealisasi yakni menyelesaikan pembangunan rumah pribadinya di Dusun Sindurejo RT 3 RW 3 Desa Banjarejo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. "Pingin menyelesaikan rumah dan mengejar target main di Australia," pungkasnya.

Seperti diberitakan, petinju nasional Hero Tito meninggal dunia usai menjalani perawatan empat hari di RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Petinju kelahiran Malang ini tak sadarkan diri setelah di-uppercut lawannya, James Mokoginta di ajang Hollywings Gatsu Night Club, Jakarta, Minggu (27/2/2022). Selama dirawat, dokter mendiagnosis Heru Purwanto menderita pembengkakan otak akibat cedera yang didapat saat bertanding tinju. Heru dinyatakan meninggal dunia pada Kamis sore pukul 16.45 WIB di RS Mitra Keluarga, Jakarta, ia meninggalkan satu orang istri dan empat orang anak.

Editor : Arif Handono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network