Garuda Asia Makin di Depan Bersama 3 Pelatih Andalan, Toreh Catatan Manis Kalahkan Rival Abadi

Hakiki Tertiari , Jurnalis
.
Minggu, 14 Agustus 2022 | 10:55 WIB
Tiga pelatih Garuda Asia mampu menoreh catatan manis saat tanding lawan Vietnam dan Thailand (Foto: PSSI)

iNewsMalang,id - Garuda Asia makin diperhitungkan setelah bersama 3 pelatih Timnas Indonesia yang kalahkan Thailand dan Vietnam 10 tahun terakhir. Ya, selain Malaysia, Thailand dan Vietnam merupakan musuh bebuyutan Timnas Indonesia di turnamen level Asia Tenggara.

Kedua tim tersebut jadi rival abadi Timnas Indonesia, karena memang tak mudah dikalahkan. Bahkan, dalam 10 tahun terakhir, hanya ada 3 pelatih Timnas Indonesia (di semua level) yang bisa mengalahkan Thailand dan Vietnam.

Lantas, siapa saja 3 pelatih Timnas Indonesia yang dimaksud? Berikut 3 pelatih Timnas Indonesia yang kalahkan Thailand dan Vietnam 10 tahun terakhir:

3. Indra Sjafri

Indra Sjafri

Di urutan ketiga, ada Indra Sjafri. Ya, pelatih 59 tahun ini memang dikenal jadi salah satu pelatih sukses di Indonesia. Selain mampu menemukan pemain berbakat dari seluruh pelosok Nusantara, Indra Sjafri punya catatan manis ketika lawan Thailand dan Vietnam.

Ketika itu, Indra Sjafri suskes membawa Timnas Indonesia U-19 membungkam Thailand (3-1) di fase Grup B Piala AFF U-19 2013. Saat itu, Timnas Indonesia U-19 berhasil jadi juara di turnamen tersebut.

Kemudian, enam tahun berselang, giliran Timnas Indonesia U-22, yang berhasil menang 2-1 lawan Thailand di Final Piala AFF U-22 2019. Sementara itu, Indra Sjafri juga punya catatan manis kontra Vietnam.

Hal itu terjadi di Final Piala AFF U-19 2013. Timnas Indonesia U-19 unggul 7-6 melalui drama adu penalti usai bermain 0-0 di waktu normal.

2. Alfred Riedl

Alfred Riedl

Selain pelatih lokal, ada pula juru taktik asing yang turut membawa Timnas Indonesia berjaya melawan Vietnam dan Thailand. Ya, dia adalah mendiang Alfred Riedl. Juru taktik asal Austria itu dikenal memiliki taktik jitu yang terbukti ampuh.

Salah satu bukti nyatanya adalah ketika Timnas Indonesia berhasil membungkam Vietnam di Leg I Semifinal Piala AFF 2016. Saat itu Timnas senior Indonesia berhasil mengandaskan Vietnam 2-1. Catatan itu membawa Timnas Indonesia ke Final Piala AFF 2016.

Kemudian, di Final Piala AFF 2016, Timnas Indonesia pun berhasil menuai catatan manis. Sekadar diketahui, Final Piala AFF 2016 menggunakan format kandang-tandang.

Bermain di kandang sendiri, Timnas Indonesia berhasil membungkam Thailand 2-1. Hanya saja, di Final Leg II Piala AFF 2016 (kandang Thailand), Timnas Indonesia menyerah 0-2 dan gagal jadi juara.

1. Fakhri Husaini

Fakhri Husaini

Di urutan pertama, ada Fakhri Husaini. Ya, pelatih 57 tahun itu juga punya catatan manis lawan Vietnam dan Thailand.

Fakhri Husaini mampu membawa Timnas Indonesia U-16 mengandaskan Vietnam di fase Grup A Piala AFF U-16 2018. Ketika itu skuad Garuda Asia menang telak 4-2 atas Vietnam. Kemudian, kiprah Timnas Indonesia U-16 terbutkti mulus hingga melesat ke final.

Nah, di final ini, Timnas Indonesia U-16 pun menang dari Thailand. Skuad Garuda Asia unggul 4-3 via drama tos-tosan usai bermain imbang 1-1 di waktu normal.

iNews Malang

Editor : Arif Handono
Bagikan Artikel Ini