Yuk Cegah Bunuh Diri Orang di Sekitar Kita, Yakin Bisa! Begini Caranya

Raden Yusuf Nayamenggala
.
Senin, 26 September 2022 | 20:58 WIB
Bunuh diri bisa dicegah dengan beberpa langkah (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Apakah ada teman sempat curhat kepadamu dan ingin bunuh diri karena permasalahan yang berat? Kamu jangan lantas asal menjawabnya. Karena, ada beberapa cara agar teman yang ingin melakukan percobaan bunuh diri bisa dicegah. 

Dilansir dari berbagai sumber, Senin (26/9/2022), langkah-langkah dibawah ini, bisa membantu kamu mendukung teman kamu atau orang-orang sekitar kita di masa-masa krisis

1. Jangan Menyebut soal Bunuh Diri

Di saat teman kamu pernah menyebut ingin bunuh diri, maka menyingkirkan penyebutan tentang bunuh diri, akan membatalkan niatan teman kamu untuk bunuh diri. Contohnya yakni Anda dapat mengatakan, "Saya merasa sedikit khawatir tentang Anda, Apa yang bisa saya bantu." 

2. Perhatikan Bahasa dan Perilaku

Banyak orang yang bicara soal bunuh diri, dengan cara yang tidak jelas. Seperti dengan mencerminkan rasa malu, putus asa, maupun gagal. Seseorang mungkin mengatakan, “Saya ingin mati” atau “Sya ingin Bunuh Diri”. 

Tanda-tanda  tidak selalu berarti teman kamu berpikir untuk bunuh diri, tetapi tidak ada salahnya bagi kamu untuk berbicara saat tindakan atau bahasanya temanmu cukup 

3. Tanyakan Langsung pada Teman

Ketika teman memberitahu bahwa dia ingin melakukan percobaan bunuh diri, kamu bisa mendapat gambaran yang lebih baik dengan mengajukan beberapa pertanyaan penting. Kamu perlu mengkonfirmasi kembali ke temanmu, agar benar-benar berpikir untuk bunuh diri. Caranya, kamu bisa bertanya seperti Apakah Kamu berpikir untuk mengakhiri hidupmu?. 

4. Pancing Temanmu untuk Membicarakannya

Cobalah pancing temanmu untuk membicarakannya secara baik baik. Rasa takut dengan respons yang kurang baik wajar saja terjadi, namun menghindar dari subjek tidak akan membantu. Teman kamu mungkin menganggap penginderaan sebagai tanda bahwa kamu tidak nyaman membicarakan bunuh diri. 

5. Menawarkan belas kasihan

Saat berbicara dengan seseorang yang memiliki pemikiran untuk bunuh diri, apa yang kamu katakan itu sangat penting. Kamu jangan menyangkal kesusah mereka. Cobalah untuk memecahkan masalah mereka, meski tidak akan membantu.

Sebaiknya, Untuk memvalidasi perasaan mereka dan menawarkan harapan pada saat yang sama, seperti Saya khawatir tentang kamu, karena saya peduli, dan saya ingin menawarkan dukungan semampu saya.

 

Editor : Arif Handono
Bagikan Artikel Ini