Kulit Wajahmu Berjerawat? Coba Atasi 5 Tips Berikut, Mudah Banget Kok

Devi Ari Rahmadhani
.
Minggu, 30 Oktober 2022 | 11:40 WIB
Perempuan umumnya merasa butuh berburu tips atasi kulit berjerawat (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsMalang.id - Kaum perempuan lebih sulit terlepas dengan masalah jerawat ketimbang kaum lelaki. Tak hayal, perempuan sering berburu informasi seputar tips agar kulit wajah tidak mudah berjerawat. Pasalnya, jerawat dianggap menggangu penampilan sehingga membuat kepercayaan diri berkurang.

Perlu diingat, kebersihan wajah memang perlu dilakukan. Ini bertujuan agar wajah bebas dari jerawat.

Selain itu, masih ada lagi tips lainnya agar wajah tidak mudah berjerawat seperti dilansir dari halthline, Minggu (30/10/2022). 

Tips agar kulit wajah tidak mudah berjerawat

1. Cuci muka 2 kali sehari

 Rajinlah untuk mencuci muka, setidaknya dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Apa lagi bagi Anda yang memiliki kulit wajah berminyak.

2. Gunakan pembersih yang ringan

Ada banyak pilihan pembersih wajah yang tersedia di pasaran. Pilihlah yang menurut Anda paling ringan. Biasanya pembersih yang ringan tidak memiliki wewangian dan saat digunakan tidak membuat kulit tegang.

3. Pakai pelembab

Pilihkan pelembab yang dapat mengontrol produksi minyak, tapi tidak membuat kulit menjadi kering. Selain itu, cari yang berlabel ringan, tanpa pewangi menyengat dan tak harus mahal.

4. Eksfoliasi

Pengelupasann kulit dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang berlebihan. Jika sel-sel ini berada di kulit Anda terlalu, mereka dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Memiliki penumpukan sel-sel mati di wajah Anda juga dapat membuat kulit Anda terlihat kusam, bersisik, atau menua sebelum waktunya.

5. Tidur yang cukup

Kurang tidur bisa membuat kulit berjerawat. Menurut penelitan, 65 persen orang yang kelelahan juga mengalami kulit yang berjerawat. Penulis penelitian berteori bahwa kurang tidur dapat, dalam beberapa kasus, menyebabkan tubuh melepaskan senyawa inflamasi. Senyawa ini dapat menyebabkan kulit pecah atau memperburuk jerawat.

 

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini