Kembangkan Talenta Digital Berbasis Desa, Jannaka Foundation Gelar Pelatihan Digital Marketing

Arif Han
.
Selasa, 01 November 2022 | 07:49 WIB
Pelatihan Digital Marketing Jannaka Foundation (foto : iNewsMalang.id)

Malang, iNewsMalang- Sebagai komitmen terhadap tanggung jawab sosial dan upaya pengembangan potensi desa berbasis digital, Jannaka Foundation sebagai sebuah lembaga sosial bisnis yang berfokus pada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Malang Raya menggelar Pelatihan Digital Marketing yang diikuti oleh para generasi muda dari beberapa desa terpilih yang ada di Malang Raya.

Pelatihan berkonsep Training of Trainer (TOT) ini bertujuan sebagai bentuk pembekalan kepada pemuda desa agar mempunyai kemampuan digital marketing yang mumpuni dan harapannya para peserta pelatihan ini akan menjadi ujung tombak pengembangan ekonomi kreatif yang ada di wilayah desa.

Pelatihan tahap pertama yang diselenggaraakan di kantor Jannaka Foundation selama 4 hari ini, diikuti oleh 15 pemuda terpilih, dimulai pada hari Kamis 27 Oktober hingga Minggu 30 Oktober 2022.  Kegiatan ini tidak hanya sekedar pelatihan saja. Namun juga berlanjut ada pendampingan ke desa dan juga pemenuhan fasiltas penunjang aktifitas digital yang ada di desa.

Demikian dikatakan oleh Rino Lande, sebagai founder dari Jannaka Group yang melalui Jannaka Foundation mengadakan program pelatihan ini, saat ditemui di Malang, Minggu 30/10.

Rino Lande mengatakan bahwa Malang Raya sebagai wilayah yang mempunyai potensi ekonomi berbasis Sumber Daya Alam (SDA) harus ditunjang oleh kemampuan SDM yang mumpuni. Apalagi saat ini di dunia tengah berkembang kemajuan teknologi informasi dalam berbagai bidang. Dalam harapannya, Rino Lande menginginkan di Malang suatu saat akan berkembang desa digital dan pemuda-pemudi desa yang mumpuni dalam bidang digital marketing. “Malang sebagai sebuah wilayah, mempunyai potensi SDA dan SDM yang sangat mumpuni untuk terus dikembangkan, apalagi seiring dengan kemajuan teknologi informasi seperti sekarang,” demikian dikatakan oleh Rino.

Dalam keterangan lebih lanjut, Rino Lande sebagai pengusaha di Jakarta yang tumbuh berkembang dan pernah mengenyam pendidikan di Kota Malang ini menambahkan, bahwa pelatihan digital marketing selama empat hari ini baru permulan saja. Harapannya nanti segera ada akselerasi perkembangan digital marketing secara masif di desa-desa yang sudah diberi pelatihan dan pendampingan ini.

Pembuatan Creative Hub “RUMAH LANGIT” di Desa

Selain mengadakan pelatihan dan penyediaan tenaga pendamping digital marketing, Rino Lande melalui lembaga Jannaka Foundation juga menyediakan fasilitas penunjang aktivitas digital marketing yang ada di desa. Fasilitas tersebut dalam bentuk renovasi bangunan untuk digunakan sebagai ruang kreatif yang ada di wilayah desa dan penyediaan alat penunjang aktifitas digital berupa kamera, komputer hingga peralatan studio podcast.

Magiyanto, sebagai salah satu perwakilan Jannaka Foundation mengatakan, bahwa sebagai bentuk komitmen Jannaka Foundation dalam upaya pengembangan ekonomi desa berbasisi digital ini, Jannaka Fundation siap memberikan fasilitas pendukung berupa creative hub yang terdiri dari renovasi ruangan, kamera digital, komputer dengan spesifikasi editing grafis hingga perlatan studio rekaman podcast.

Dalam tahap pertama ini, Creative Hub Rumah Langit sudah dibangun di tiga desa pertama penerima fasilitas dan pelatihan,  yaitu desa Sumber Porong Kecamatan Lawang, Desa Mulyoarjo Kecamatan Lawang dan Desa Argosuko Kecamatan Poncokusumo.

“tahap pertama ini ada 3 desa yang sudah siap untuk kita berikan fasilitas creative hub, yaitu desa Muyoarjo, Sumberporong dan Argosuko,” demikian dikatakan oleh Magiyanto.

Lebih lanjut Magiyanto mengatakan bahwa pemberian fasilitas dan tenaga pendamping digital marketing ini adalah bentuk nyata komitmen Jannaka Foundation dalam upaya pengembangan ekonomi desa di Malang Raya berbasis digital.

Sementara itu, Khoirul Umam, Kepala Desa Argosuko, sebagai desa yang mendapatkan dukungan alat dan pelatihan dalam tahap pertama ini, mengatakan bahwa dia sangat berterimakasih sekali atas bantuan dan dukungan yang diberikan oleh Jannaka Foundation. Sebagai kepala desa di wilayah Argosuko Kecamatan Poncokusumo,  Khoirul sangat berharap, kedepan desanya bisa semakin maju dan mandiri dengan kerjasama lebih intensif dengan Jannaka Foundation. Sesuai dengan visi yang dia kembangkan dalam memimpin desa Argosuko dalam tagline “Argsosuko Mandiri’, Khoirul sangat berharap, desa yang dia pimpin yang secara geografis ada di lereng sebelah barat Gunung Semeru ini bisa menjadi desa yang lebih maju lagi. “ terimakasih kepada Pak Rino Lande melalui Jannaka Foundation telah memberikan pelatihan dan penyediaan fasilitas dalam pengembangan potensi desa kami, “ demikian dikatakan oleh Khoirul. (rif)

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini