Logo Network
Network

Simak Ilmuwan Cari Jawaban Soal Kebenaran Isu Kehidupan di Planet Mars, Ini Hasilnya

Yusuf Emar, Jurnalis
.
Sabtu, 31 Desember 2022 | 16:48 WIB
Simak Ilmuwan Cari Jawaban Soal Kebenaran Isu Kehidupan di Planet Mars, Ini Hasilnya
Seperti ini permukaan planet Mars (Foto: NASA)

iNewsMalang.id - Banyak kabar simpang siur terkait adanya pergerakan atau kehidupan di planet mars. Hal itu menyebabkan tidak sedikit orang yang penasaran apakah ada tanda-tanda kehidupan di Mars atau tidak.

Mengenai hal itu, para ilmuwan coba mencari jawaban sama beberapa dekade terakhir ini, dengan menggunakan berbagai pesawat ruang angkasa yang mengembara di permukaan planet Mars.

Sayangnya, pencarian NASA untuk kehidupan di Mars sejauh ini nihil. Namun, bukan berarti badan antariksa tersebut lantas menyerah.

Kendati hampir tak menemukan tanda-tanda kehidupan di Mars, termasuk menemukan bahan penyusun kehidupan di Mars, hanya ada sedikit kemungkinan bahwa ada kehidupan yang saat ini hidup di permukaan planet tersebut.

Planet Mars

Dalam video baru yang dirilis pada saluran YouTube-nya , ilmuwan NASA, Heather Graham menjelaskan soal mengapa perburuan NASA untuk kehidupan di Mars menjadi sangat singkat.

Menurut Graham dan semua yang telah ditemukan NASA sejauh ini, tanda-tanda kehidupan di Mars sangat mungkin terjadi di masa lalu. Namun, dalam kondisi planet saat ini, kehidupan di permukaan semakin kecil kemungkinannya dari sebelumnya.

Meski begitu, bukan berarti tidak ada kesempatan, karena pada faktanya NASA mengatakan percaya pihaknya perlu menggali lebih dalam untuk menemukan tanda-tanda kehidupan di Mars.

Mengapa demikian? Karena area bawah permukaan planet ini lebih terlindungi dari radiasi berbahaya yang membuatnya melewati atmoafer Mars yang sangat tipis. Namun, perburuan NASA untuk kehidupan di Mars sudah meninggalkan banyak hasil yang membingungkan.

Sementara menunggu misi pengembalian sampel Mars dari badan antariksa, banyak pihak melihat kekhawatiran bahwa bukti kehidupan di Mars bisa jadi palsu.

Tapi, kemungkinan itu tidak menghentikan upaya keras dan pesawat ruang angkasa lain yang sudah menjelajahi planet ini untuk melihat lebih dalam.

Sebagai informasi, NASA memiliki misi berawak ke Mars yang direncanakan untuk masa depan, yang diharapkan dapat menjelaskan lebih banyak tentang kemungkinan kehidupan yang ada di Planet Mars, meski tidak ada di permukaan.

Kendati pihak NASA belum secara langsung menemukan bukti kehidupan di Mars, NASA sudah menemukan kemungkinan tanda-tanda kehidupan purba di planet tersebut menggunakan Curiosity.

 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.