get app
inews
Aa
Read Next : Kakak Beradik Santri Penghafal Alquran Jadi Korban Kecelakaan Maut di Tol Jakarta-Cikampek

Pulau yang Dihuni Ribuan Ular Mematikan, Dijaga Angkatan Laut, Fobia Dilarang Masuk

Minggu, 21 Mei 2023 | 11:25 WIB
header img
Snake Island Brasil (Foto: Tricky Traveller)

3.Berapa banyak ular yang hidup di Snake Island

Jumlah golden lancehead di Snake Island diperkirakan mencapai 2.400 dan 2.900 ular. Walaupun angkanya cukup banyak, tetapi ular tersebut justru terancam punah. Sebelum dinyatakan terancam punah, sebuah studi menyatakan bahwa sebanyak 400.000 ular atau lebih hidup di Snake Island.

Menurunnya jumlah populasi tersebut disebabkan oleh tidak mencukupinya sumber makanan di Snake Island bagi para ular. Ancaman lainnya terhadap langkanya golden lancehead adalah perburuan liar. Penelitian ilmiah dan perdagangan hewan peliharaan pasar gelap telah membuat ular ini sangat berharga.

4.Apa yang dimakan ular di Snake Island?

Ular memangsa burung migran nahas yang berhenti di pulau untuk beristirahat. Ular menunggu di pepohonan hingga burung mendarat dan telah mengembangkan racun yang kuat dan bekerja cepat untuk membunuh burung sebelum terbang. Sayangnya, upaya penggundulan hutan menyebabkan adanya sedikit burung yang bermigrasi ke pulau. Padahal, burung-burung itulah yang menjadi sumber makanan bagi para ular.

5.Bisakah Snake Island dikunjungi?

Melalui Angkatan Laut yang dimiliki, pemerintah Brasil telah menutup akses ke pulau itu untuk melindungi manusia dan ular. Tak hanya itu, peneliti yang hendak mengunjungi Snake Island juga diperketat dan harus mendapatkan persetujuan khusus serta didampingi oleh dokter bersertifikat.

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut