get app
inews
Aa Read Next : Profil Prof Moch Sasmito Djati, Pendekar Silat untuk Presidium Majelis Nasional KAHMI

Usai Bersimpuh dan Menendang ke Atas, Pendekar Silat Ini Meninggal Dunia

Sabtu, 01 Juli 2023 | 22:52 WIB
header img
Pendekar Silat Monaki sebelum meninggal dunia. Foto:iNewsJatim

BANGKALAN, iNewsMalang.id - Monaki (85), Guru Besar Perguruan Silat Elang Puti dan Harimau Bafam meninggal dunia saat memeragakan jurus silat di ajang Pencak Silat Bhinneka Tunggal Ika. Detik-detik pendekar silat ini terekam video amatir dan membuat banyak orang berduka, terutama kalangan pencinta seni Bela Diri di Kabupaten Bangkalan. 

Pendekar sepuh itu meninggal dunia di acara paguyuban pencak silat Bhinneka Tunggal Ika di Desa Naro'an, Kecamatan Burneh, Kabupaten Bangkalan, Jumat (30/6/2023). Almarhum tampil sebagai pembuka acara pada kegiatan rutin bulanan para pesilat. 

 Pada video yang bereda, Monaki mengenakan kemeja warna hitam dan membawa selendang yang kemudian diikatkan pada pinggangnya. Tubuh sepuhnya terlihat kuat tak ada tanda-tanda mengkhawatirkan. 

Pendekar Monaki diiringi musik tradisional Madura menyapa para pesilat dan warga yang hadir. Monaki memeragakan jurus pembuka, mulai dari kuda-kuda hingga gerakan pencak silat tradisional.  Namun berselang satu menit kemudian, tubuh Monaki tidak bergerak sama sekali di atas tanah. Itu terjadi usai memeragakan gerakan bersimpuh, berguling hingga tendangan kaki ke atas. 

Monaki seperti orang yang sangat tenang ketika menjemput ajal. Guru besar perguruan silat elang puti dan harimau bafam ini seperti orang rebahan tertidur.
 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut