get app
inews
Aa Read Next : Lowongan Kerja Fresh Graduate, PT SIER Buka 14 Posisi Kerja

Usai Dipisahkan di RS Saiful Anwar, Alhamdulillah, Kembar Siam Sudah Pulang ke Pandaan

Selasa, 22 Agustus 2023 | 21:05 WIB
header img
Aliyah dan Aisyah bersama orang tuanya saat dipulangkan dari RS Saiful Anwar Malang, Jawa Timur menuju ke Pasuruan. Foto/MPI/Avirista Midaada

MALANG, iNewsMalang.id - Bayi kembar siam asal Dusun Sukorejo, Desa Karangjati, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, akhirnya sudah pulang dari Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) Malang, Jawa Timur. Bayi kembar siam bernama Aliyah dan Aisyah berhasil dipisahkan oleh tim dokter RS Saiful Anwar, Kota Malang. 

Ibunda bayi kembar siam, Susi Sulistiyo dan suaminya Hartanto Cahyono, seperti tak mampu lagi berkata-kata. Keduanya berulang kali tersenyum ke para awak media saat proses kepulangan. "Saya bersyukur sekali dan berterima kasih sekali kepada seluruh tim Rumah Sakit Saiful Anwar Malang dan Rumah Sakit dr. Soetomo yang sudah membantu pemisahan anak bayi kembar saya. Dan kami juga terima kasih sama dokter Eko dan yang lain, selama ini telah membantu mulai kontrol-kontrol sampai hari ini proses pemisahan," kata Susi di RSSA Malang seperti dilansir dari Sindonews.com, Selasa (22/8/2023).

Untuk diketahui, Aliyah dan Aisyah lahir 15 September 2022 di RS Saiful Anwar Kota Malang. Dari hasil analisa tim dokter, bayi kembar siam itu mengalami kondisi perut yang menempel dengan istilah omphalofagus. Selain itu, organ dalam liver atau hati menempel, serta penyatuan pada tulang dada bayi tersebut. Pemisahan bayi kembar siam yang diketuai oleh dr Eko Sulistijono Sp.A(K) dengan melibatkan tim dokter dan tenaga kesehatan sejumlah 40 orang. Operasi pemisahan dilakukan pada Sabtu 12 Agustus 2023 di RSSA Malang pada pukul 09.05 WIB hingga 10.10 WIB.
 

Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut