get app
inews
Aa Read Next : Tragedi Super Tucano di Gunung Bromo, TNI AU Sebut Tiga Jenazah Ditemukan, Satu dalam Pencarian

Kawah Gunung Bromo Keluarkan Asap Kelabu, PVMBG Minta Warga Waspada Erupsi

Rabu, 13 Desember 2023 | 19:28 WIB
header img
PVMBG meminta warga di sekitar Gunung Bromo untuk mewaspadai peningkatan aktivitas di kawah pusat, Rabu (13/12/2023)

MALANG, iNewsMalang.id - Aktivitas Gunung Bromo meningkatt tajam, Rabu (13/12/2023). Hal itu ditandai keluarnya asap kelabu dari kawah, dan gempa tektonik dalam yang terekam oleh pos pantau Gunung Bromo. "Erupsi terakhir terjadi pada bulan Juli 2019 berupa erupsi freatik tanpa didahului oleh peningkatan kegempaan yang signifikan," tulis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dalam rilis resmi, Rabu (13/12/2023).

Karakter erupsi Gunung Bromo berupa erupsi eksplosif dan efusif dari kawah pusat. Erupsi tersebut mengeluarkan abu,pasir, lapilli, dan terkadang melontarkan lava pijar dan bom vulkanik.  Aktivitas kawah Gunung Bromo dipantau secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) Bromo yang berada di Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur.


Perkembangan terakhir aktivitas Kawah Gunung Bromo hingga tanggal 13 Desember 2023 Pukul 06.00 WIB sebagai berikut:

  1. Terjadi peningkatan aktivitas kawah Gunung Bromo berupa teramatinya hembusan asap kawah berwarna kelabu, intensitas sedang hingga tebal, dengan tekanan sedang - kuat dari dalam kawah Gunung Bromo berdasarkan pengamatan visual pada tanggal 13 Desember 2023 pukul 06.00 WIB. Sedangkan dalam pengamatan beberapa bulan sebelumnya teramati hembusan asap kawah berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal, tekanan lemah - sedang dengan ketingian berkisar 50 - 900 meter dari puncak. Warna hembusan asap kawah kelabu ini umumnya disertai dengan material abu vulkanik.
  2. Pengamatan kegempaan menunjukkan masih terekamnya tremor menerus dengan amplitudo 0.5 – 1 mm (dominan 0.5 mm) yang disertai pula terekamnya Gempa Vulkanik Dalam 3 kali kejadian selama Bulan Desember ini. Hal ini menunjukkan adanya proses fluktuasi tekanan di dalam tubuh Gunung Bromo yang disertai oleh aliran fluida ke permukaan.

    Editor : Arif Handono

Follow Berita iNews Malang di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut